Selasa 03 Oktober 2017, 15:23 WIB

Pique Dicemooh Penggemar Spanyol Saat Sesi Latihan Timnas

MICOM | Olahraga
Pique Dicemooh Penggemar Spanyol Saat Sesi Latihan Timnas

AP/Gian Ehrenzeller

OLAHRAGA, khususnya sepak bola tidak bisa terlepas dari aspek politik. Sehari setelah berlangsungnya referendum kemerdekaan Katalunya yang dinyatakan ilegal oleh pemerintah Spanyol, bek Barcelona yang berasal dari Katalan Gerard Pique menjadi target cemooh dari para penggemar Spanyol yang marah ketika ia ambil bagian pada sesi latihan terbuka bersama timnas Spanyol.

Bek tengah Pique, yang turut memberikan suara pada referendum dan mengkritik kekerasan yang dilakukan polisi kepada orang-orang yang memberikan suaranya sehingga menghasilkan puluhan orang terluka, telah lama dibenci para penggemar Spanyol namun cemoohan yang terjadi pada Senin (2/10) terasa sangat tajam.

Para penggemar Spanyol di fasilitas latihan Ras Rozas di Madrid mencemooh, menyiuli, dan menyanyikan yel-yel yang meminta Pique meninggalkan timnas, yang sedang melakukan persiapan untuk dua pertandingan kualifikasi Piala Dunia, serta mengangkat spanduk-spanduk yang mengejek sang pemain.

Media Spanyol melaporkan bahwa polisi menyita sejumlah spanduk, salah satunya menyebut Pique sebagai "menjijikkan." "Sikap Gerard begitu luar biasa," kata pelatih Julen Lopetegui kepada stasiun radio Spanyol Cadena
COPE.

"Saya ingin melihat bagaimana dia dan saya melihat ia termotivasi dan antusias. Ia baik-baik saja dan bersemangat, jika tidak seperti itu ia tidak akan bersama saya." Bagaimanapun, Lopetegui membela keputusan untuk melakukan sesi latihan di depan publik.,

"Akan menjadi kesalahan untuk berlatih tanpa kehadiran penonton. Para penggemar memiliki hak untuk mengekspresikan diri," imbuh Lopetegui.

"Saya tahu situasinya tidak menyenangkan, namun saya meminta orang-orang untuk sedikit waras dan bersabar." Pique (30) mengatakan pada Minggu bahwa ia akan meninggalkan timnas jika diminta oleh Lopetegui atau RFEF (Federasi Sepak Bola Spanyol).

Pique telah mengumumkan bahwa dia akan pensiun dari timnas setelah Piala Dunia 2018 di Rusia, di mana ia telah lelah menjadi sasaran hujatan para penggemar Spanyol.

Pique telah 91 kali bermain untuk negaranya dan merupakan anggota skuad yang menjuarai Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012. Pemuncak klasemen Grup G Spanyol, unggul tiga poin atas tim peringkat kedua Italia, bertekad mengunci tempat di putaran final saat menjamu Albania pada 6 Oktober dan saat melawat ke Israel tiga hari kemudian.(Ant/Reuters/OL-3)

Baca Juga

AFP/ABBIE PARR

Bintang Blazers Emoh Bermain jika tak Punya Kesempatan ke Playoff

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 27 Mei 2020, 08:50 WIB
"Jika mereka hanya menambahkan beberapa pertandingan, itu hanya kan menjadi pertandingan sia-sia dan kami tidak memiliki peluang untuk...
AFP/KENZO TRIBOUILLARD

Curang saat Kompetisi Balap Virtual, Daniel Abt Dipecat Audi

👤Widhoroso 🕔Rabu 27 Mei 2020, 05:30 WIB
Dalam ajang tersebut, Daniel menggunakan seorang gamer profesional, Lorenz Horzing untuk menggantikan...
AFP

Holyfield Tunggu Tantangan Tyson

👤MI 🕔Rabu 27 Mei 2020, 02:55 WIB
MEMENANGI dua pertarungan sebelumnya membuat mantan juara dunia tinju kelas berat Evander Holyfield jual mahal...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya