Plh Rektor Mulai Pembenahan dan Siapkan Pemilihan Rektor

Penulis: Administrator Pada: Selasa, 03 Okt 2017, 08:26 WIB Humaniora
Plh Rektor Mulai Pembenahan dan Siapkan Pemilihan Rektor

MI/PANCA SYURKANI

DIREKTUR Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) Intan Ahmad akan me­nga­­­­wal program doktor dan pemilihan rektor (pilrek) di kampus tersebut. Intan ditunjuk meng­gantikan Djaali sebagai pelaksana hari­an (Plh) Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

“Saya mendapat dua tugas utama dari ba­pak Menristek Dikti Mohamad Nasir guna mengatasi permasalahan di UNJ yakni menye­lesaikan program doktoral (S3) agar sesuai de­ngan Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan permasalahan lain di lingkungan UNJ,’’ papar Intan Ahmad seusai bertemu Senat UNJ kepada wartawan di kampus UNJ, Jakarta, ke­marin.

Intan menambahkan dalam pertemuan dan rapat senat UNJ terdapat tiga fokus utama yaitu 3R. Pertama, recovery yakni mengembalikan UNJ ke situasi normal. Kedua, reformasi program pascasarjana. Ketiga, rekonsiliasi.

Seperti diketahui, Menristek Nasir mencopot Djaali dari jabatan Rektor UNJ pada 25 Sep­tember. Pencopotan ini diduga buntut dari du­gaan korupsi, kolusi, dan nepotisme serta plagiarisme saat Djaali menjabat rektor.

Dalam kesempatan itu, dua wakil rektor UNJ, Wakil Rektor II Bidang Umum Komarudin dan Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama Achmad Ridwan menyatakan pentingnya rekonsiliasi berbagai pihak di UNJ.

“Rekonsiliasi dilakukan dengan kalangan yang bersuara kritis terhadap kondisi UNJ. Kita juga akan dialog dengan seluruh elemen keluarga besar UNJ,” kata Komarudin.

Ditambahkan Komarudin, di akhir November akan dibentuk tim Pilrek UNJ yang mengacu pada PermenristekDikti No 19 Tahun 2017. “Peraturan ini firm tidak boleh dikurangi dan juga tidak boleh ditambah.’’

Terkait pembenahan program S3, Achmad Ridwan menambahkan untuk sementara program doktor di UNJ tidak akan dibuka.

Soal gelar doktor yang sudah diberikan apa­kah akan dicabut terkait kasus plagiarisme, Rid­wan menyatakan pihaknya tidak dapat me­nanggapi hal itu karena masih dalam penyelidikan dari tim independen. (Bay/H-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More