Senin 02 Oktober 2017, 12:46 WIB

PVMBG: Aktivitas Kegempaan Gunung Agung Menurun

Antara | Nusantara
PVMBG: Aktivitas Kegempaan Gunung Agung Menurun

AFP/BAY ISMOYO

 

PUSAT Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan aktivitas kegempaan Gunung Agung (3142 mdpl) di Kabupaten Karangsem, Bali mulai mengalami penurunan sejak dua hari terakhir.

"Memang ada penurunan jumlah gempa sejak dua hari lalu sesuai hasil pencatatan di posko pemantauan," kata Kepala Bidang Mitigasi Gunungapi PVMBG Gede Suantika di Pos Pengamatan Gunungapi Agung di Desa Rendang, Karangasem, hari ini.

Menurutnya, meskipun mengalami penurunan aktivitas kegempaan, tetapi kualitas dan kuantitas gempa masing tergolong tinggi, selain memang gunung api tertinggi di Pulau Dewata itu masih berstatus awas atau pada level empat.

"Selain itu, secara visual keadaan puncak belum ada perkembangan," ucap
Gede. Sebelumnya pengamatan pada (30/9) lalu permukaan kawah Gunung Agung di Kabupaten Karangasem sudah retak yang diperkirakan memiliki panjang mencapai kurang dari 100 meter.

PVMBG mengumumkan aktivitas kegempaan Gunung Agung pada (2/10) Pukul 06.00 sampai 12.00 WITA yakni kegempaan vulkanik dalam mencapai 88 kali, vulkanik dalam mencapai 143 kali dan tektonik lokal sebanyak 16 kali.

Masyarakat dalam status awas di sekitar Gunung Agung diimbau tidak melakukan aktivitas apapun di zona bahaya yaitu area di dalam radius sembilan kilometer dari kawah Gunung Agung dan ditambah perluasan sektoral ke arah utara, timur laut, tenggara selatan.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Bali mencatat jumlah pengungsi sesuai data terakhir mencapai sekitar 144.389 orang tersebar pada sembilan kabupaten/kota di Pulau Dewata.

Sebagian besar pengungsi ditampung di Gedung Olahraga (GOR), tenda pengungsian darurat, balai masyarakat, balai banjar dan tempat pengungsian mandiri lain yang tersebar di beberapa wilayah.(OL-7)

Baca Juga

MI/Rendy Ferdiansyah

Mulai Besok, Gubernur Babel Batasi Penerbangan Sehari Sekali

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Minggu 29 Maret 2020, 12:33 WIB
Kebijakan tersebut diambil Erzaldi untuk menahan arus mobilisasi manusia dalam upaya memutuskan mata rantai penyebaran virus...
AFP/SONNY TUMBELAKA

Minggu Kedua April, Semua PDP Bali Dipindahkan ke RS PTN Jimbaran

👤Arnoldus Dhae 🕔Minggu 29 Maret 2020, 12:20 WIB
Seluruh PDP di Bali akan serentak dipindahkan dan dipusatkan di RSPTN Universitas Udayana minggu kedua April agar  penanganan PDP...
Antara

Pemkab Sukabumi Sterilisasi Akses Masuk di Perbatasan

👤Benny Bastiandy 🕔Minggu 29 Maret 2020, 10:40 WIB
Pemkab Sukabumi mensterilkan orang-orang yang masuk dan juga kendaraannya yang keluar dan masuk ke Sukabumi untuk menekan penyebaran...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya