Rabu 27 September 2017, 02:01 WIB

Sepak Takraw Ikuti Test Event

Budi Ernanto budi_ernanto@mediaindonesia.com /(Beo/R-4) | Olahraga
Sepak Takraw Ikuti Test Event

AFP PHOTO / GOH Chai Hin

PENGURUS Besar Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PB PSTI) telah mempersiapkan para atlet mereka untuk mengikuti empat kompetisi sebagai persiapan menghadapi Asian Games 2018. Salah satu kompetisi itu ialah test event yang digelar PSTI di Kawasan Olahraga Jakabaring, Palembang, Sumatra Selatan, selama enam hari pada akhir November mendatang. Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSTI, Tri Gunawan Hadi, atlet dari 10 negara akan mengikuti test event itu. Namun, pihak PSTI masih berkoordinasi dengan federasi sepak takraw Asia dan dunia untuk menentukan negara peserta.

Kompetisi yang digelar di Jakabaring, Palembang, sangat penting bagi para atlet sepak takraw Indonesia. "Test event akan jadi uji coba dan seleksi pemain setiap negara untuk Asian Games 2018," kata Gunawan di Jakarta, Selasa (26/9). Pertandingan persahabat-an sepak takraw akan digelar di Taiwan, sebulan sebelum test event di Palembang. Selanjutnya, di awal November, tim sepak takraw Indonesia akan bertolak ke India untuk mengikuti kejuaraan dunia. Pada Desember mendatang, tim sepak takraw Indonesia akan bertolak ke 'Negeri Gajah Putih'. Mereka akan bertan-ding mengikuti kejuaraan Piala Kerajaan Thailand. "Untuk kejuaraan di India, sifatnya wajib diikuti Indonesia karena ada promosi dan degradasi dari federasi. Seharusnya negara membiayai kami untuk bisa ikut serta," ujar Gunawan.

"Piala Kerajaan di Thailand juga demikian, apalagi kami tidak pernah absen. Jika tidak didukung pemerintah, kami akan mencari cara supaya tetap bisa jalan," jelasnya. Mengenai test event, Manajer Kompetisi PSTI, Syafrizal Bakhtiar, mengatakan dari 10 negara yang diundang, akan dibagi dua kelompok. Kelompok pertama ialah lima negara untuk nomor tim putra dan kelompok kedua berisi lima negara untuk tim putri. Syafrizal menjelaskan sebenarnya test event itu akan dijadikan uji coba panitia sebagai tuan rumah. Setidaknya ada 150 orang yang menjadi panitia di test event dan mayo-ritas berasal dari PB PSTI.

Sekjen Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) Eris Herryanto mengatakan test event sepak takraw ialah salah satu dari 43 laga yang akan digelar sebagai persiapan Asian Games 2018. Test event itu sekaligus untuk mengetahui kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah multiajang Asian Games yang digelar tahun depan.

Pelatnas lambat
Kendati test event sepak takraw digelar dua bulan lagi, pelatnas cabang olahraga itu belum akan dimulai pada bulan depan sebagaimana laporan dari Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima). Pelatnas justru dilaksanakan pada Januari tahun depan. Satlak Prima beralasan sepak takraw tidak masuk cabang olahraga prioritas Asian Games 2018.

"Kami sudah bersurat ke Satlak Prima supaya pelatnas dimulai pada Oktober besok dan harus dipersiapkan sejak awal," papar Gunawan, "Jika tidak, kami akan dihabisi di test event. Pasalnya sepak takraw di negara-negara lain sudah mulai berkembang, khususnya Asia Tengah," tambah Gunawan.

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More