Sabtu 23 September 2017, 16:30 WIB

Peraih Emas SEA Games Juarai MTB di Tanjung Lesung

Deri Dahuri | Olahraga
Peraih Emas SEA Games Juarai MTB di Tanjung Lesung

MI/Deri Dahuri

PERAIH tiga medali SEA Games 2013 dan 2011 Chandra Rafsanzani menjuarai kategori men elite pada ajang Mountain Bike Cross Country (MTB XCM) di Banten, Minggu (23/9).

Ajang yang dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan Festival Pesona Tanjung Lesung di Padeglang, Banten, itu terdiri dari empat lap dan menempuh jarak 64 kilometer. Chandra yang berasal dari Pangandaran, Jawa Barat, menyentuh garis finis terdepan.

Pembalap sepeda nomor cross country itu mampu mengatasi trek berat yang berbatuan dalam waktu sekitar 2 jam 43 menit. Dalam lomba yang menyusuri jalur tepi pantai dengan berbantuan, Chandra dengan segudang pengalamannya tidak terkejar lawan-lawannya.

Posisi kedua direbut pembalap sepeda asal Bandung Muhammad Vika. Sedangkan posisi ketiga direbut atlet nomor cross country dari Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Ciamis Mochamad Wildan Gumilar.

"Trek balap mountain bike di Tanjung Lesung cukup berat karena trek dengan empat lap dipenuhi kerikil bebatuan. Saya tidak dapat memacu sepeda dengan cepat karena berisiko terjatuh," kata Chandra, penyumbang medali emas nomor cross country relay atau beregu di SEA Games 2013, Myanmar.

Chandra yang juga merebut dua medali emas nomor invidual cross country di SEA Games 2011, Palembang, menambahkan perlu waktu sebulan untuk menghadapi lomba MTB XCM Tanjung Lesung.

"Saya juga berlatih selama dua sampai tiga jam sebanyak dua kali dalam satu minggu," ujar Chandra seraya menambahkan, gelar juara di Tanjung Lesung merupakan gelar perdana sebagai atlet cross country pada tahun ini.

Chandra yang kerap menyumbang emas nomor cross country SEA Games mengaku kecewa karena tidak bisa tampil di ajang SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. "Di SEA Games Kuala Lumpur nomor cross country tidak dipertandingkan," tuturnya. (OL-4)

Baca Juga

MOHD RASFAN / AFP

Lorenzo: Yamaha Tidak Banyak Berubah Sejak Kutinggalkan

👤Antara 🕔Selasa 02 Juni 2020, 21:40 WIB
Mesinnya tak terlalu meningkat. Lorenzo membandingkan telemetri dengan motor yang dipakainya pada 2016, tak terlalu...
AFP/Andre Isakovic

Tanpa Penonton, GP Austria Resmi Jadi Seri Pembuka F1

👤Akmal Fauzi 🕔Selasa 02 Juni 2020, 18:11 WIB
Sirkuit Red Bull Ring Austria akan menjadi tuan rumah dua balapan pertama F1 musim ini yakni pada 5 Juli dan 12...
MI/Ramdani

Maksimalkan Persiapan Tunggal Putra

👤Akmal Fauzi 🕔Selasa 02 Juni 2020, 15:45 WIB
Indonesia meloloskan dua wakil tunggal putra ke Olimpiade Tokyo 2020 yang diadakan tahun depan, yaitu Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya