Jumat 22 September 2017, 22:35 WIB

Sabet Delapan Emas, Indonesia Juara Umum Bulu Tangkis ASEAN Paragames

Antara | Olahraga
Sabet Delapan Emas, Indonesia Juara Umum Bulu Tangkis ASEAN Paragames

Ilustrasi

INDONESIA berhasil meraih delapan emas di ajang bulu tangkis ASEAN Paragames ke-9, 2017, Kuala Lumpur, Malaysia, dan sekaligus menggenggam gelar sebagai juara umum karena jumlah medali emasnya tidak terkejar oleh negara peserta lainnya.

Dalam babak final yang digelar di Axiata Arena, Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Jumat (22/9), Indonesia merebut delapan emas dari total 14 emas yang diperebutkan. Total, di bulu tangkis ASEAN Paragames ke-9, Indonesia menggondol delapan medali emas, lima perak, dan empat perunggu.

"Kami sangat senang karena jumlah delapan medali melebihi target kami sebelumnya yaitu tujuh emas. Hal ini karena ada nomor yang sebelumnya tidak diharapkan emas tetapi ternyata bisa menjadi yang terbaik," kata pelatih tim bulu tangkis Indonesia, Muhammad Nurachman.

Nurachman menyebut, ketujuh belas atlet yang dibawa ke ASEAN Paragames 2017 bermain baik, termasuk lima pemain baru yang dipanggil dari Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 Jawa Barat.

Adapun peraih medali emas bulu tangkis untuk Indonesia di ASEAN Paragames ke-9 ialah ganda putri SL3-4 Leani Ratri/Khalimatus Sadiyah, tunggal putri SL4 Leani Ratri, ganda campuran SL3-4 Leani Ratri/Hary Susanto, ganda putra SU5 Dheva Anrimusthi/Hafiz Briliansyah, tunggal putra SL3 Ukun Rukaendi, tunggal putri SU5 Warining Rahayu, tunggal putra SL4 Hary Susanto, dan ganda putra SL3-4 Hary Susanto/Ukun Rukaendi.

Sementara perak diperoleh dari tunggal putri SL4 Khalimatus Sadiyah, ganda putra SU5 Suryo Nugroho/Oddie Kurnia, ganda campuran SL3-4 Fredy Setiawan/Khalimatus Sadiyah, tunggal putra SU5 Suryo Nugroho, dan ganda putra SL3-4 Fredy Setiawan/Dwiyoko.

Terakhir, empat medali perunggu didapatkan oleh Maman Nurjaman dari tunggal putra SL3, Dwiyoko di tunggal putra SL3, Fredy Setiawan tunggal putra SL4, dan Dheva Anrimusthi di tunggal putra SU5. Namun, Muhammad Nurachman menegaskan, timnya tidak boleh puas dengan prestasi ini.

"Kalau merasa puas, sulit bagi kami untuk berprestasi lebih tinggi. Hasil di ASEAN Paragames 2017 ini akan kami evaluasi lagi," tutur dia.

Evaluasi, lanjut Nurachman, penting karena timnya direncanakan tampil di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Difabel pada November 2017 di Korea Selatan.

"Jadi setelah ini kami masih harus menyiapkan skuat untuk ke sana. Setelah itu, juga ada persiapan untuk ke Asian Para Games ke-9 di Indonesia," kata dia. (OL-2)

Baca Juga

Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Ajak Masyarakat Tetap Berolah Raga

👤Andhika Prasetyo 🕔Minggu 07 Juni 2020, 15:15 WIB
Menurut presiden, olah raga tetap akan dilakukan asalkan masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan ketat seperti menjaga jarak satu...
AFP/John GURZINSKI

McGregor Kembali Umumkan Pensiun

👤Akmal Fauzi 🕔Minggu 07 Juni 2020, 14:45 WIB
Pada unggahan di Twitter, pria berusia 31 tahun itu menyertakan foto bersama ibunya dengan memberikan keterangan tentang dirinya...
MI/VICKY GUSTIAWAN

GBK Padat Pengunjung, Pegiat Olahraga Ingatkan Protokol

👤Akmal Fauzi 🕔Minggu 07 Juni 2020, 14:30 WIB
Dilongarkannya Pembatasan Sosial Berskala Besara (PSBB) di Jakarta membuat masyarakat mulai berolahraga di luar ruang salah satunya di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya