Pesawat Tenaga Surya Kelilingi Dunia

Penulis: BBC/Fox/X-7 Pada: Selasa, 10 Mar 2015, 00:00 WIB Humaniora
Pesawat Tenaga Surya Kelilingi Dunia

AP/JEAN REVILLARD

UPAYA mengelilingi dunia dengan pesawat bertenaga surya dimulai. Pesawat tenaga surya Solar Impulse-2, kemarin, memulai perjalanan uji coba dari Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, menuju ke Kota Muscat, Oman.

Selama lima bulan ke depan, Solar Impulse-2 terbang dari satu benua ke benua lain, melintasi Samudra Pasifik dan Atlantik.

Pilot asal Swiss, Andre Borschberg, yang berada di belakang kemudi pesawat Solar Impulse-2, memulai uji coba. Ia lepas landas dari Bandara Internasional Abu Dhabi pada pukul 10.12 WIB.

Borschberg akan mengemudikan pesawat satu penumpang itu secara bergantian dengan rekan senegaranya, Bertrand Piccard. Borschberg ialah seorang insinyur terlatih dan mantan pilot angkatan udara.

Nama Bertrand Piccard tidak asing setelah eksploitasi yang dilakukannya dengan balon udara. Nama keluarga Piccard juga identik dengan tindakan menembus batas-batas dunia. Ayah Bertrand Piccard, Jacques Piccard, ialah orang pertama yang mencapai tempat terdalam di lautan pada 1960.

Sebelumnya, kakek Bertrand, Auguste Piccard, ialah orang pertama yang mengemudikan balon udara hingga mencapai stratosfer pada 1931.

Solar Impulse-2 direncanakan berhenti di berbagai lokasi di seluruh dunia. Itu dimaksudkan untuk beristirahat dan melakukan pemeliharaan serta kampanye teknologi baru terbarukan yang ramah lingkungan.

"Saya yakin pesawat khusus ini bisa membawa kami menyeberangi samudra. Kami mungkin harus terbang selama lima hari dan lima malam. Namun, itu akan menjadi tantangan tersendiri," kata Borschberg.

Perjalanan pertama dari Uni Emirat Arab ke Oman akan menempuh jarak 400 km dengan estimasi waktu penerbangan 12 jam. Rincian perjalanan disebarkan melalui internet.

Penerbangan Solar Impulse-2 merupakan tonggak sejarah teknologi dan energi. Apalagi, energi tenaga surya diprediksi akan menjadi sumber utama untuk menciptakan listrik global pada 2050.

Proyek Solar Impulse sebenarnya telah lama dikerjakan dan sudah mencetak rekor saat pertama kali terbang dari AS pada 2013. Namun, untuk terbang keliling dunia perlu pesawat lebih besar daripada pesawat prototipe Solar Impulse-1. Syarat itu terpenuhi sudah pada Solar Impulse-2.

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More