Dicari, MacGyver Perempuan

Penulis: MI Pada: Senin, 09 Mar 2015, 00:00 WIB Internasional
Dicari, MacGyver Perempuan

Wikipedia

INGAT tokoh agen rahasia Angus MacGyver yang populer lewat serial televisi MacGyver pada 1980-an? Dia terkenal berkat keahliannya mengutak-atik barang untuk berbagai keperluan. Dia pernah menyetop kebocoran asam belerang hanya dengan menggunakan sepotong cokelat, bahkan membongkar rudal dengan menggunakan penjepit kertas saja.

Nah, kini, lembaga pemerintah nonprofit National Academy of Engineering Amerika Serikat (AS) meluncurkan proyek yang dinamakan The Next MacGyver Project. Tujuannya, mencari gagasan untuk serial televisi yang menampilkan tokoh utama insinyur teknik banyak akal bak MacGyver, tapi perempuan.

''Ini bukan berarti membuat ulang serial MacGyver, melainkan sebagai inspirasi generasi muda, terutama perempuan, untuk tertarik pada ilmu pengetahuan dan teknologi,'' kata Lee Zlotoff, pencipta serial MacGyver.

Proyek itu merupakan ide gabungan Adam Smith, yakni profesor teknik di University of Southern California, AS, dan Randy Atkins, kepala bidang komunikasi di National Academy of Engineering. Menurut Atkins, ''Banyak orang bilang kepada saya bahwa mereka berminat pada bidang teknik karena menonton MacGyver.''

Di masyarakat, lanjut Atkins, ada stereotipe yang berkembang bahwa teknik itu identik dengan laki-laki dan kalangan muda pun semakin tidak memahami betul apa itu insinyur.

Menurut Ruth David, mantan pejabat iptek di badan intelijen AS, CIA, ''Proyek ini bakal berguna karena sejauh ini tidak ada tokoh perempuan sebagai anutan dalam iptek.''

Sang pencipta MacGyver, Zlotoff, mengakui televisi ialah media tepat untuk menyebar minat iptek bagi kalangan muda. ''Memang, tujuan utama Hollywood ialah membuat hiburan. Namun, di Hollywood pun banyak orang berpikiran terbuka yang ingin membuat perubahan baik bagi dunia,'' kata Zlotoff.

Jika proyek lancar, serial MacGyver perempuan bakal dimulai pada 2016.(AFP/I-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More