Kamis 24 Agustus 2017, 05:59 WIB

Kontingen Merah Putih Tertatih

Nurul Fadillah | Olahraga
Kontingen Merah Putih Tertatih

KONTINGEN Indonesia kembali gagal mencapai target pada sejumlah cabang olahraga yang dipertandingkan di hari kelima SEA Games Kuala Lumpur 2017, kemarin. Dari beberapa partai final yang digelar, hanya cabang karate dan senam yang mampu menyumbang medali emas.

Karate meraih dua emas dari Iwan Bidu Sirait di nomor kumite putra -55 kg dan Cok Istri Agung Sansitya Rani di kumite putri -61 kg.

Dalam babak final di Kuala Lumpur Convention Center, Iwan yang berada di sudut biru sempat tertinggal 1-3 dari lawannya, John Paul Bejar, dari Filipina. Iwan mampu membalikkan keadaan dan menang telak dengan skor 10-4.

Di laga lain, Cok Istri menyabet emas dengan mengalahkan karateka Thailand, Arm Sukkiaw, dengan skor telak pula, 7-0. “Senang dapat emas. Ini yang saya impikan,” kata Cok Istri yang meraih emas pertamanya di SEA Games.

Pelatih karate Baron Bahar mengatakan peluang pasukannya menambah emas masih terbuka. Saat ini karate sudah menyumbang tiga emas. Padahal, targetnya dua emas. “Peluang kita untuk menambah medali cukup besar dari nomor kata beregu putra dan putri,” ujarnya.

Di cabang senam, emas disumbangkan Rifda Irfanaluthfi dari nomor senam artistik nomor balok keseimbangan. Rifda menyingkirkan pesenam Malaysia, Tan Ing Yueh, dengan mengumpulkan 13.125 poin.

Di cabang lain, tim atletik hanya menyumbangkan satu perak dari tiga peluang emas melalui Maria Londa di nomor lompat jangkit. Cabang renang juga harus puas dengan satu perak dan dua perunggu yang diraih Triady Fauzy di nomor 100 meter gaya kupu-kupu putra dan Glenn Victor Sutanto di nomor yang sama.

Satu perunggu lagi disabet Ricky Anggawijaja di nomor 200 meter gaya punggung putra. Cabang balap sepeda, boling, dan anggar masing-masing menyumbang satu perunggu.

Dengan hasil itu, posisi Indonesia di klasemen sementara semakin tertinggal, melorot dari keempat menjadi urutan kelima dengan 15 emas, 17 perak, dan 32 perunggu. Posisi puncak masih diduduki tuan rumah Malaysia dengan 50 emas, 37 perak, dan 32 perunggu. Vietnam melesat ke urutan kedua menggusur Singapura dengan perolehan 27 emas, 19 perak, dan 24 perunggu.

Menpora Imam Nahrawi mengatakan perjuangan atlet Indonesia belum selesai. “Saya lapor perkembangan prestasi kita di SEA Games,” kata Imam seusai menghadap Presiden Joko Widodo di Jakarta, kemarin. (Rul/R-3)

Baca Juga

AFP/Andrej Isakovid

McLaren: F1 Berpotensi Alami Krisis

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 April 2020, 08:50 WIB
Kondisi itu diungkapkan petinggi McLaren, Zak Brown, yang mengkhawatirkan dampak pandemi...
AFP

Ecclestone Minta F1 2020 Dibatalkan

👤Media Indonesia 🕔Senin 06 April 2020, 04:00 WIB
Dengan dibatalkannya beberapa seri akibat pandemi covid-19, hasil akhir yang didapat dinilai tidak valid karena krisis virus...
AFP/Emmanuel DUNAND

Kobe Bryant Masuk Hall of Fame

👤Akmal Fauzi 🕔Minggu 05 April 2020, 11:24 WIB
Selama 20 tahun kariernya di NBA, Kobe Bryant membela LA Lakers dan berkontribusi memberikan lima gelar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya