Selasa 22 Agustus 2017, 16:52 WIB

Dedi Mulyadi: Ekonomi Pedesaaan untuk Tangkal Radikalisme dan Terorisme

Reza Sunarya | Nusantara
Dedi Mulyadi: Ekonomi Pedesaaan untuk Tangkal Radikalisme dan Terorisme

Bupati Purwakarta, Jawa Barat, Dedi Mulyadi MI/Sugeng

 

BUPATI Purwakarta, Jawa Barat, Dedi Mulyadi menegaskan untuk menangkal paham radikalisme dan terorisme sejak dini, hal itu harus dimulai dari penguatan ekonomi pedesaan. Menurutnya, sudah tidak boleh lagi ada monopoli kegiatan ekonomi yang hanya terpusat di Jakarta.

“Jadi, kalau ingin di Indonesia tidak subur terorisme, maka kegiatan ekonomi harus terpusat di desa, bukan lagi di Jakarta. Kalau di desa tersedia sumber-sumber ekonomi, orang desa tidak lagi menjadi beban di kota dan menjadi kaum miskin disana karena menganggur menjadi pekerjaan,” kata Dedi Mulyadi, Selasa (22/8).

Menurut Dedi Mulyadi, akibat tingkat pengangguran inilah, terjadi depresi di tengah masyarakat. Pada tahap selanjutnya, kondisi psikologi yang tengah mengalami depresi ini menjadi ‘makanan’ empuk bagi para ideolog radikalisme dan terorisme.

Selain ekonomi. Dedi juga menyerukan penguatan kebudayaan sebagai ‘obat penangkal’ dua paham yang hari ini menjadi musuh dunia internasional tersebut. Lagi-lagi, identitas budaya di pedesaan menurut dia menjadi kunci bagi terpeliharanya warga negara Indonesia dari paham itu.

“Kalau ingin Indonesia tidak subur teroris, jangan ubah kebudayaan Indonesia menjadi kebudayaan lain. Indonesia harus tetap menjadi Indonesia," tambahnya.

Pemeliharaan budaya di pedesaan harus dimulai dari pemeliharaan arsitektur dan tata ruang pedesaan yang harus selalu ramah lingkungan. Kondisi ini akan berakibat pada rasa betah para penghuninya sehingga tidak mencari suasana baru yang menurut mereka lebih nyaman. (OL-6)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

NTT Butuh 65.340 APD untuk Tenaga Medis

👤Palce Amalo 🕔Rabu 01 April 2020, 08:50 WIB
Kebutuhan APD di NTT sebanyak 65.340.Namun, sampai Rabu (1/4), baru terkumpul 2.000 set, itu pun bantuan dari pemerintah pusat yang dikirim...
MI/Ferdinandus Rabu

Penjualan Sepi Picu Banyak Barang Kedaluwarsa

👤Ferdinandus Rabu 🕔Rabu 01 April 2020, 08:34 WIB
Menurunnya daya beli masyarakat sejak diberlakukan sosial distancing dan tetap di dalam rumah untuk menghindari penyebaran wabah korona...
ANTARA

Pemudik Menuju Klaten Meningkat, Pemkab Ingatkan Isolasi Mandiri

👤Djoko Sardjono 🕔Rabu 01 April 2020, 07:25 WIB
Jumlah warga yang pulang mudik di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, kini terus bertambah. Hingga pukul 12.00 WIB, Selasa (31/3),...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya