Jumat 04 Agustus 2017, 00:45 WIB

Kerjabilitas, Lowongan untuk Disablitas

(Eno) | Humaniora
Kerjabilitas, Lowongan untuk Disablitas

MI/PANCA SYURKANI

 

KERJABILITAS yang didirikan Rubby Emir dan Tety Sianipar merupakan situs yang membuka lowongan pekerjaan bagi penyandang disabilitas. Melalui kerjabilitas.com, penyandang disabilitas terhubung dengan perusahaan yang membutuhkan karyawan. Sebagian besar penyandang disabilitas merasa kurang percaya diri bahkan merasa rendah diri karena kondisinya ketika ingin berinteraksi dengan masyarakat luas. Mereka juga mungkin berpikiran bahwa mereka memberikan beban untuk orang di sekitarnya.

Di situ timbul keinginan untuk lebih mandiri dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, mereka yang sudah memiliki cukup umur untuk bekerja pasti ingin bekerja. Karena itulah, Rubby Emir menciptakan platform kerjabilitas.com untuk memberikan kesempatan saudara kita yang penyandang disabilitas untuk bekerja layaknya orang normal. Ia mengembangkan platform ini bersama 6 co-founder lainnya juga dengan rekan-rekan yang ada di Komunitas Saujana yang dibangunnya sebelum merilis kerjabilitas.com.

Untuk menciptakan platform yang akan menjembatani antara calon pekerja penyandang disabilitas dan perusahaan penyedia pekerjaan, Rubby dan rekan-rekannya mengerjakan assessment dan sejumlah focus group discussion (FGD). Kegiatan tersebut dilakukan di 3 kota, yaitu Yogyakarta, Malang, dan Surabaya. Ternyata animo para penyandang disabilitas yang mengikuti diskusi pada kegiatan tersebut sangat tinggi.

Yang datang juga banyak saat kegiatan, mulai saudara kita yang tunanetra, tunawicara, tunarungu, dan tunadaksa. Dengan animo yang tinggi tersebut, Rubby dan rekan-rekan telah mendapatkan gambaran website kerjabilitas.com. Selain didukung oleh Kementerian Tenaga Kerja, mereka yang turut serta bersama Google ke Silicon Valley itu juga mendapatkan dana sebesar US$50 ribu. Terdapat pula 900 perusahaan yang bekerja sama dengan Kerjabilitas. Sekitar 80 hingga seratus pencari kerja telah mendapatkan posisi di perusahaan yang dituju. (Eno)
---

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More