Modalku Jadi Perusahaan Rintis Terbaik Asia Tenggara

Penulis: Andhika Prasetyo Pada: Kamis, 06 Jul 2017, 10:40 WIB Ekonomi
Modalku Jadi Perusahaan Rintis Terbaik Asia Tenggara

MODALKU, perusahaan rintis (startup) teknologi keuangan yang bergerak di bidang peer-to-peer lending, masuk ke dalam Fintech 250, daftar perusahaan-perusahaan terbaik di dunia yang melakukan terobosan inovasi di bidang teknologi finansial.

Perusahaan yang berbasis di Jakarta itu menjadi satu-satunya startup asal Asia Tenggara yang masuk ke dalam daftar tersebut.

"Kami sangat bangga telah terpilih untuk masuk dalam Fintech 250 yang merupakan daftar kelas dunia," ujar CEO Modalku Reynold Wijaya, dalam keterangan resmi, Kamis (6/7).

Ia mengatakan startup yang juga beroperasi di Singapuran dan Malaysia itu akan terus melakukan inovasi di bidang financial technology (fintech) untuk memenuhi kebutuhan dan karakteristik pasar yang berbeda-beda.

Di Indonesia, data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan bahwa total kebutuhan pembiayaan nasional sekitar Rp1.600 triliun per tahun. Namun, layanan keuangan yang ada saat ini hanya mampu memenuhi sekitar sepertiga dari kebutuhan tersebut.

"Masih ada kebutuhan pembiayaan lebih dari Rp1.000 triliun setiap tahun. Kami yakin inovasi Modalku bisa meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan keuangan yang dapat mendukung inklusi keuangan dan turut memajukan ekonomi Indonesia," tambahnya.

Adapun, CEO CB Insight Anand Sanwal, perusahaan riset industri startup yang merilis Fintech 250 mengungkapkan menyampaikan dunia layanan keuangan akan mengalami lebih banyak perubahan dalam 10 tahun ke depan dibandingkan 100 tahun terakhir.

“Transformasi ini dipicu oleh sekelompok perusahaan startup non-konvensional yang cerdas. Fintech 250 berisi perusahaan-perusahaan startup FinTech terbaik di dunia. Mereka mengadopsi teknologi terkini dan model bisnis baru ke industri keuangan. Inovasi mereka akan membawa perubahan permanen terhadap cara masyarakat menangani keuangan dan menjalankan bisnis," ujarnya.

Ia mengatakan startup yang masuk ke dalam daftar dipilih berdasarkan kesehatan dan potensi pertumbuhan dari perusahaan tersebut. Melalui pendekatan objektif berbasis bukti dan statistik akan muncul prediksi momentum perusahaan, kesehatan pasar, dan potensi kesuksesan finansial suatu perusahaan.

Modalku merupakan perusahaan fintech yang fokus pada usaha kecil dan menengah (UKM) yang membutuhkan alternatif pinjaman modal. Hingga saat ini, Modalku secara kolektif telah menyalurkan sekitar Rp500 miliar ke 650 pinjaman UKM di Asia Tenggara. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More