Kamis 15 Juni 2017, 08:58 WIB

Naik Kuda Besi?Cermati Barang Bawaan

S-2 | Mudik
Naik Kuda Besi?Cermati Barang Bawaan

Grafis/Seno

PERAYAAN Lebaran identik dengan pulangnya para penduduk urban ke kampung halaman masing-masing alias mudik. Tidak jarang, ritual mudik dilakukan dengan mengendarai sepeda motor.

Mereka yang pulang kampung menunggangi ‘kuda besi’ wajib memperhatikan barang bawaan sebagai salah satu faktor keamanan. Jangan sampai bawaan tersebut mengganggu kenyamanan dan keamanan berkendara.

“Sepeda motor kendaraan yang paling labil karena hanya memliki dua roda sehingga keseimbangan menjadi penting,” jelas Ketua Global Safety Partnership Indonesia Iskandar Abbubakar saat ditemui Metrotvnews.com di Jakarta, baru-baru ini.

Selain memakan tempat, barang bawaan tersebut membuat kerja kendaraan ikut bertambah sehingga jumlah konsumsi bahan bakar pun turut meningkat. Selain itu, ada risiko bawaan terlepas, yang jika terjadi juga bisa sangat berbahaya bagi kendaraan lain.

“Masalah utama dari sepeda motor ialah tidak ada kabin yang melindungi, begitu terjadi kecelakaan, langsung ke orangnya,” lanjut Iskandar.

Pilih dan pilah barang bawaan yang benar-benar penting untuk Anda bawa agar tidak mengganggu konsentrasi berkendara. Keselamatan Anda adalah hal penting bagi keluarga yang menanti di rumah.
Sementara itu, mereka yang meninggalkan sepeda motor saat mudik pun perlu melakukan persiapan.
Safety Riding Analyst Astra Motor Gerald Gozal mengemukakan salah satu bagian yang harus dipersiapkan ialah tangki bensin. Tangki harus dalam kondisi penuh ketika ditinggal.

“Ini untuk menghindari penguapan bensin yang dapat mengakibatkan karat,” jelas Gerald Gozal kepada Metrotvnews.com.

Jika sudah mepet waktu pergi atau tidak ada kesempatan untuk mengisi penuh tangki bahan bahan bakar, pemilik motor disarankan menguras/mengosongkan terlebih dahulu tangki bensin motor. Hal itu bertujuan sama, untuk mengurangi penguapan bensin di tangki dan mencegah karat.

“Udara pasti akan ada di tangki yang kosong karena ada mekanisme ventilasi supaya tangki tidak vakum. Makanya semakin sedikit bahan bakar di tangki, semakin besar kemungkinan kondensasi air,” pungkasnya. (S-2)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Paramayuda/foc/18

Puncak Arus Mudik telah Berlalu

👤Hld/Tri/JI/X-7 🕔Minggu 22 Desember 2019, 07:40 WIB
Untuk mengurai kepadatan lalin itu, rekayasa lalin contraflow diperpanjang mulai dari Km 47 hingga Km...
Mi/Permana

Mudik Nataru, Polri Prediksi Lonjakan 40% Mobil di Tol TransJawa

👤Antara 🕔Sabtu 21 Desember 2019, 10:15 WIB
"Banyak masyarakat mudik hari ini. Kenaikan (arus kendaraan) sampai 40%," kata Istiono di Gerbang Tol Cikampek Utama, Cikampek,...
Medcom.id

75 Ribu Kendaraan Tinggalkan Yogyakarta Hari Ini

👤Patricia Vicka 🕔Sabtu 08 Juni 2019, 11:35 WIB
Peningkatan volume kendaraan yang menuju Jawa Tengah mulai terlihat sejak kemarin Jumat, 7 Juni...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya