Kamis 15 Juni 2017, 07:50 WIB

1.255 Kapal Siap Layani Pemudik

Cahya Mulyana | Ekonomi
1.255 Kapal Siap Layani Pemudik

ANTARA

 

DIREKTORAT Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubugan telah melakukan uji petik dan ramp check seluruh kapal.

Hasilnya 1.255 kapal dengan kapasitas 3.4 juta penumpang siap digunakan pada arus mudik Lebaran 2017.

"Armada yang siap melayani pemudik Lebaran tahun ini 1.255 kapal dengan kapasitas 3.41 juta orang. Itu setelah dilakukan ramp check dan uji petik, 1.278 kapal dan ditemukan 17 kapal dalam kondisi docking dan 6 tidak layak beroperasi," jelas Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Tonny Budiono di Kementerian Perhubungan, Jakarta, kemarin.

Tonny menjelaskan uji petik dan ramp check merupakan upaya untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan pemudik.

Faktor keselamatan tidak bisa ditawar meskipun masa mudik.

Pada kesempatan sama Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT Pelni, Sodikin, mengaku telah mempersiapkan 26 armada trayek Nusantara dan 46 kapal perintis.

Trayek Nusantara merupakan pelayaran terjauh di dunia dan hanya ada di Indonesia, di antaranya Jakarta-Papua, Jakarta-Nusa Tenggara Timur, Jakarta-Belawan.

Adapun kapal perintis ter-koneksi dengan kapal trayek Nusantara, daerah terluar, terdepan, dan tertinggal dengan daerah yang ekonominya lebih maju. Dengan begitu, lalu lintas orang dan barang dapat terpenuhi secara baik.

Pelni menyiapkan KM Dobonsolo untuk mendukung mudik gratis sepeda motor yang di-selenggarakan pemerintah dari Tanjung Priok Jakarta ke Tanjung Emas Semarang.

"Kapal 3 in 1 tersebut berkapasitas 1.250 sepeda motor dan 1.800 orang. KM Dobonsolo akan berangkat dari Tanjung Priok pada 17, 19, 21, dan 23 Juni. Arus balik dari Semarang mulai 30 Juni, serta 2, 4, dan 6 Juli 2017," jelasnya.

Belawan siap

Pelindo I juga melakukan persiapan guna menyambut musim mudik Lebaran.

Hal itu dimulai dengan memantau delapan cabang pelabuhan yaitu Pelabuhan Belawan, Sibolga, Gunung Sitoli, Tanjung Balai Asahan, Dumai, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, dan Tembilahan.

Corporate Secretary Pelindo I M Eriansyah mengatakan Pelabuhan Belawan mengalami pertumbuhan yang paling besar yakni 22% atau mencapai 33.036 penumpang naik dan turun jika dibandingkan dengan saat Le-baran 2015 yang tercatat 26.975 penumpang.

Pelindo I membenahi fasilitas pendukung di seluruh terminal penumpang milik mereka.

"Ada perbaikan fasilitas gedung terminal penumpang termasuk penyediaan garbarata di terminal penumpang Belawan, pemasangan automatic gate, penyediaan fasilitas video confrence untuk komunikasi dan koordinasi dengan cabang pelabuhan dan instansi terkait, serta fasilitas shuttle bus dari Pelabuhan Belawan ke beberapa terminal bus di Medan," ujar Erinsyah. (RO/E-1)

Baca Juga

ANTARA

Merger Lembaga Jasa Keuangan Merupakan Opsi Terakhir

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Senin 06 April 2020, 08:05 WIB
Kewenangan otoritas yang termaktub dalam Perppu 1/2020 merupakan pilihan terakhir bila pandemi covid-19 menyeret perekonomian Indonesia...
MI

Langkah Cepat Kementerian BUMN Atasi Pandemi Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 April 2020, 08:00 WIB
Dengan cadangan beras yang tersedia, Erick memastikan Perum Bulog mampu mengatasi kebutuhan lonjakan beras yang tak...
MI/LINA HERLNA

Bersama Menjaga Ketahanan Pangan

👤MI 🕔Senin 06 April 2020, 08:00 WIB
DALAM mengantisipasi dampak merebaknya wabah covid-19 pada hari besar keagamaan nasional (HBKN) 2020, pemerintah terus berupaya menjaga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya