Rabu 14 Juni 2017, 18:08 WIB

42 Pasar Jakarta Ditargetkan Mulai Terapkan HET Pekan Depan

Jessica Sihite | Ekonomi
42 Pasar Jakarta Ditargetkan Mulai Terapkan HET Pekan Depan

ANTARA FOTO/Idhad Zakaria/

 

PENERAPAN harga eceran tertinggi (HET) di pasar rakyat akan dimulai di Jakarta. Pada pekan depan, sebanyak 42 pasar rakyat di Jakarta akan dijadikan proyek percontohan (pilot project) untuk penetapan HET.

Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri mengatakan saat ini pihaknya masih dalam tahap negosiasi dengan Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI), Perum Bulog, dan Asosiasi Distributor Daging Indonesia (ADDI).

Negosiasi yang dimaksud guna mencapai kesepakatan harga jual ke pasar rakyat, sehingga HET yang ditetapkan pemerintah bisa teralisasi.

"Memang butuh waktu untuk sampai ke HET. Akhir pekan ini atau pekan depan targetnya kami sudah bisa mulai pilot project di 42 pasar di Jakarta," ucap Abdullah melalui sambungan telepon, Rabu (14/6).

Penerapan HET tidak bisa langsung dilakukan karena pedagang pasar sudah memiliki kerja sama dengan agen dan distributor dalam waktu yang sangat lama. Agen dan distributor tersebut sudah lama membuat rantai distribusi pangan menjadi panjang dan meraup untung besar.

Karena itu, Abdullah ingin proses penetapan HET di pasar rakyat berjalan secara perlahan. Para koordinator pasar akan diberi kesempatan mendapatkan stok langsung dari Bulog, GIMNI, dan ADDI. Kemudian, koordinator pasar bisa menggelontorkan ke para pedagang pasar.

"Tapi koordinator itu hanya sementara. Ini hanya menandakan bahwa pemerintah masuk ke pasar untuk menstabilkan harga pangan. Setelah pola distribusi berubah secara perlahan, baru kami melibatkan agen untuk mengecer stoknya. Namun, agen itu juga nantinya harus ikuti harga yang sudah ditetapkan pemerintah," papar Abdullah.

Sebagai informasi, Kementerian Perdagangan sudah memfasilitasi nota kesepahaman (MoU) produsen minyak goreng, distributor daging, dan Perum Bulog dengan pedagang pasar tradisional. Upaya itu dilakukan guna memastikan kelancaran distribusi barang kebutuhan pokok di pasar-pasar rakyat seluruh Indonesia dengan harga yang terjangkau.

Adapun dalam MoU itu, HET di pedagang pasar rakyat untuk komoditas beras Rp9.500/kg, gula Rp12.500/kg, minyak goreng kemasan sederhana Rp11 ribu/liter, bawang merah Rp32 ribu/kg, dan bawang putih Rp30 ribu/kg.

Saat ini, menurut Abdullah, harga gula pasir masih bertengger di level Rp14 ribu per kg dan minyak goreng Rp12.500 per kg. Sementara itu, harga bawang merah ukuran sedang Rp30.750 per kg, bawang putih Rp46.100 per kg, dan beras Rp11 ribu-Rp13 ribu per kg.

"Kalau ini berhasil di seluruh pasar di Tanah Air, artinya pemerintah sudah berhasil menstabilkan harga. Dengan terobosan HET ini juga, kami melihat sampai Lebaran harga pangan akan stabil," imbuh Abdullah. (OL-6)

Baca Juga

DOK: SINARMAS LAND

Sinar Mas Land Siapkan Bantuan 25.000 Alat Uji Covid-19

👤RO 🕔Selasa 07 April 2020, 21:10 WIB
Puluhan ribu rapid test kit tersebut rencananya diserahkan ke Kementerian Kesehatan sebanyak 12.500 alat dan sisanya ke sejumlah pemerintah...
Antara

Menteri PUPR Bakal Minta Relaksasi Pembayaran Kewajiban Jalan Tol

👤Antara 🕔Selasa 07 April 2020, 20:49 WIB
Jalan tol mengalami penurunan sekitar 40 sampai dengan 60 persen dari LHR pada hari-hari...
Antara

Pemerintah Percepat Program Padat Karya Tunai

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Selasa 07 April 2020, 20:08 WIB
Kementerian Koordinator Perekonomian tengah menyiapkan sejumlah program guna melindungi masyarakat dari dampak penyebaran virus korona...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya