Rabu 14 Juni 2017, 13:13 WIB

Kemendag Dorong CSR Perusahaan untuk Penyediaan Sembako

Denny S | Ekonomi
Kemendag Dorong CSR Perusahaan untuk Penyediaan Sembako

MI/Denny Susanto

 

KEMENTERIAN Perdagangan mendorong pihak perusahaan (swasta) menyalurkan dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) untuk penyediaan kebutuhan pokok masyarakat. Kemendag gelar kegiatan pasar murah pada 300 pondok pesantren di seluruh wilayah tanah air.

Sekretaris Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan, Nusa Eka, Rabu (14/6), di sela-sela kegiatan pasar murah ramadhan yang digelar di Pondok Pesantren Nurul Jannah Banjarmasin, mengatakan pihaknya merangkul para pengusaha yang tergabung dalam Aspebtindo dalam penyelenggaraan pasar murah ramadhan 1438 hijriyah tahun ini. "Kita juga mendorong swasta lainnya agar menyalurkan dana CSR mereka untuk penyediaan sembako kepada masyarakat," tuturnya.

Penyelenggaraan pasar murah kali ini sedikit berbeda karena juga bekerja sama dengan pihak pondok pesantren untuk penyaluran kepada masyarakat sekitar lingkungan pondok pesantren. Selain membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau, hasil dari kegiatan pasar murah ini disumbangkan untuk keperluan pondok pesantren.

"Tujuan kegiatan ini untuk membantu warga yang belum sejahtera mendapatkan bahan pokok dengan harga terjangkau, dengan dukungan CSR perusahaan swasta," tambahnya.

Warga dapat membeli paket bahan pokok senilai Rp100.000 dengan harga separuhnya atau Rp50.000 per paket. Risnawan Ardian, perwakilan Aspebtindo mengatakan pasar murah ini bukan "bagi-bagi sembako" karena warga harus tetap membeli. Karena hasil penjualan Rp50.000 tiap paket tersebut akan disumbangkan kembali ke pesantren.

"Lewat pasar murah ini ada dua tujuan tercapai, yaitu menyediakan bahan pokok dengan harga sangat terjangkau dan sumbangan untuk pemberdayaan pesantren," tambahnya.

Pada bagian lain Nusa Eka mengatakan kegiatan pasar murah Ramadan ini juga dimanfaatkan Kemendag untuk memantau harga bahan pokok di kabupten/kota, sehingga bisa diambil langkah antisipasi jika terjadi
lonjakan harga atau kelangkaan stok di daerah. Sejauh ini, rata-rata harga bahan pokok terpantau stabil secara merata di seluruh Indonesia. Pasar murah diharapkan dapat langsung bersentuhan dengan masyarakat, khususnya warga yang belum sejahtera.

Di Kalsel pasar murah menyediakan 1.500 paket sembako di tiga lokasi pondok pesantren di Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin. Masyarakat cukup antusias membeli paket sembako dengan harga murah ini. (OL-5)

Baca Juga

DOK KEMENTAN

Kementan Beri Subsidi Distribusi untuk Jaga Pasokan Pangan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 10 April 2020, 16:53 WIB
Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriadi mengatakan, ketahanan pangan harus dijaga baik dari aspek ketersediaan maupun...
DOK KEMENTAN

Kabupaten Semarang Rayakan Puncak Panen Raya Padi April-Mei 2020

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 10 April 2020, 16:48 WIB
Kabupaten Semarang sebagai salah satu lumbung padi di Provinsi Jawa Tengah terus melakukan kegiatan panen padi dengan puncak panen pada...
Ilustrasi

Dampak Korona, Banyak Perusahaan Bertahan 1-3 Bulan Kedepan

👤Despian Nurhidayat 🕔Jumat 10 April 2020, 16:07 WIB
Arus kas ada yang satu bulan sampai dengan tiga bulan kedepan, lebih dari itu mereka harus cari stand by...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya