Selasa 13 Juni 2017, 06:26 WIB

Polda Terus Upayakan Rizieq Masuk Red Notice Interpol

Mal/Ant/P-5 | Politik dan Hukum
Polda Terus Upayakan Rizieq Masuk Red Notice Interpol

Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab -- MI/Susanto

 

SURAT permohonan penerbit­an red notice Rizieq Shihab dikembalikan ke penyidik Polda Metro Jaya dan belum bisa diserahkan ke Interpol. “Belum memenuhi syarat,” kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto di Jakarta, kemarin.

Setyo mengatakan Polda Metro Jaya selaku pemohon mesti melengkapi syarat-syarat terlebih dahulu agar orang nomor satu di Front Pembela Islam (FPI) itu bisa dijadikan sebagai orang paling diburu di seluruh dunia.

“Ternyata dari National Central Bureau Interpol Indonesia, permohonan untuk Rizieq masih dikembalikan ke Polda Metro Jaya. Jadi, sampai sekarang Rizieq masih belum masuk red notice untuk dita­han di seluruh negara anggota Interpol dunia,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono menyatakan pihaknya tetap berkoordinasi untuk memenuhi persyaratan yang diminta. “Kita akan upayakan agar syarat-syarat terpenuhi,” tegas Argo.

Lebih jauh ia mengatakan Polda Metro Jaya tidak mempermasalahkan kabar perpanjangan visa Rizieq. Aparat kepolisian masih menunggu perkembangan di lapangan. “Kami yang terpenting untuk menyelesaikan berkasnya saja,” tukas dia.

Polisi telah menetapkan Rizieq dan Firza Husein sebagai tersangka dalam dugaan penyebaran percakapan dan foto vulgar 29 Mei lalu. Rizieq dijerat Pasal 4 ayat 1 juncto Pasal 29 dan atau Pasal 6 juncto Pasal 32 dan atau Pasal 9 jo Pasal 34 UU No 44 Tahun 2008 tentang Pornografi.

Ia diancam dengan hukuman di atas lima tahun penjara. Sejauh ini, penyidik menduga Rizieq masih berada di Arab Saudi sejak 26 April 2017. Argo pun belum mau menjawab soal rencana penjemputan paksa Rizieq dari luar negeri.

Sementara itu, Firza Husein akhirnya memenuhi panggil­an penyidik Polda Metro Jaya, kemarin. Firza diperkirakan masuk ke Gedung Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya sekitar pukul 11.15 WIB.

Ia didampingi pengacara Azis Yanuar dan seorang wanita berkerudung. Firza Husein sebagai saksi untuk tersangka Rizieq. Firza seharusnya diperiksa Rabu (7/6) lalu. (Mal/Ant/P-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More