Kamis 08 Juni 2017, 14:58 WIB

Rangkap Jabatan PNS di BUMN Dinilai Pemborosan

Intan Fauzi/MTVN | Ekonomi
Rangkap Jabatan PNS di BUMN Dinilai Pemborosan

Ilustrasi

 

KECENDERUNGAN adanya prilaku di birokrasi berupa rangkap jabatan yang dilakukan pejabat PNS dengan menjadi komisaris badan usaha milik negara (BUMN) dinilai tidak efektif. Pejabat yang merangkap komisaris BUMN dianggap kurang bisa menghasilkan kinerja yang maksimal.

"Karena waktu yang mereka sediakan untuk mengawasi sebuah BUMN tidak sebagaimana seharusnya. Keberadaannya hanya pada waktu rapat," kata Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN) Sofian Effendi, Kamis (8/6).

Padahal, dewan komisaris BUMN digaji lebih besar untuk tanggung jawab yang lebih besar pula. Sofian menyebut hal itu menjadi pemborosan karena tidak seimbang antara gaji dan waktu yang mereka berikan atau pakai untuk memajukan BUMN.

"Jadi ini sedikit pemborosan uang negara. Karena antara bayaran yang diberikan BUMN dengan waktu yang disediakan oleh para pejabat ini untuk mengawasi BUMN tidak seimbang. Kalau dari segi efisiensi biaya ya tidak bagus," jelas dia.

Dari sisi pejabat publik pun, ia menganggap rangkap jabatan praktik yang tidak bagus. Fokus mereka untuk melayani publik menjadi terbagi. "Padahal pejabat publik juga sudah mulai diperbaiki gajinya," ujar Sofian.(OL-3)

Baca Juga

DOK: SINARMAS LAND

Sinar Mas Land Siapkan Bantuan 25.000 Alat Uji Covid-19

👤RO 🕔Selasa 07 April 2020, 21:10 WIB
Puluhan ribu rapid test kit tersebut rencananya diserahkan ke Kementerian Kesehatan sebanyak 12.500 alat dan sisanya ke sejumlah pemerintah...
Antara

Menteri PUPR Bakal Minta Relaksasi Pembayaran Kewajiban Jalan Tol

👤Antara 🕔Selasa 07 April 2020, 20:49 WIB
Jalan tol mengalami penurunan sekitar 40 sampai dengan 60 persen dari LHR pada hari-hari...
Antara

Pemerintah Percepat Program Padat Karya Tunai

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Selasa 07 April 2020, 20:08 WIB
Kementerian Koordinator Perekonomian tengah menyiapkan sejumlah program guna melindungi masyarakat dari dampak penyebaran virus korona...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya