Kamis 08 Juni 2017, 15:00 WIB

Awas, Daging Celeng dari Sumatra Banyak Beredar

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Awas, Daging Celeng dari Sumatra Banyak Beredar

ANTARA

 

BADAN Karantina Pertanian Kementerian Pertanian (Barantan) mengimbau kepada masyarakat untuk terus waspada terhadap peredaran daging celeng babi hutan.

Kepala Badan Karantina Kementerian Pertanian (Barantan) Banun Harpini mengatakan tingginya peredaran daging celeng, khususnya selama periode Ramadan, karena permintaan pasar yang juga besar.

"Ini sudah sering terjadi. Tidak hanya saat Ramadan saja. Selain karena harganya yang murah, permintaanya juga selalu ada," ujar Banun di Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Jakarta, Kamis (8/6).

Untuk mencegah peredaran barang tersebut, Barantan telah melakukan koordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) Pangan untuk melakukan pengawasan. "Ini juga terkait penyelundupan. Sudah ada yang dimusnahkan di daerah Cilegon yang menjadi jalur penyelundupan dari Sumatra,” terangnya.

Ia menyebutkan wilayah Sumatra, tepatnya Jambi, Padang dan Palembang menjadi lokasi utama perburuan celeng yang kemudian didistribusikan secara ilegal ke Jawa.

Banun menjelaskan salah satu cara masyarakat untuk membedakan antara daging babi hutan dan daging sapi atau kerbau adalah dengan memeriksa fisik dan kesegaran dagingnya

"Kalau daging sapi atau kerbau, yang sehat, warnanya cerah kemerahan, baunya segar, tidak anyir. Kalau anyir itu proses penyembelihannya tidak benar," jelasnya. (X-12)

Baca Juga

Istimewa

Covid-19 Tak Halangi Petani Indramayu Panen Raya Padi dan Jagung

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Maret 2020, 13:17 WIB
Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Indramayu Takmid mengatakan Kementan setiap tahun menggelontorkan bantuan untuk Kabupaten...
Antara/Rahmad

Terdampak Covid-19, Pemerintah Siap Beli Produk Perikanan

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 29 Maret 2020, 10:40 WIB
Pasar produk perikanan global ikut terdampak pandemi covid-19. Mengantisipasi turunnya permintaan, pemerintah berencana  membeli...
Dok. Pribadi

Kementan Jamin Kelancaran Distribusi Pangan

👤DESPIAN NURHIDAYAT 🕔Minggu 29 Maret 2020, 06:50 WIB
Karena menyangkut hajat hidup masyarakat, Kementan berupaya pangan sampai ke...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya