Kamis 08 Juni 2017, 14:35 WIB

Indonesia Batal Punya Pulau Karantina

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Indonesia Batal Punya Pulau Karantina

Ist

 

RENCANA pemerintah yang hendak menjadikan Pulau Naduk, Bangka Belitung, sebagai pulau karantina pertama di Indonesia tidak akan terwujud. Pasalnya, pulau tersebut dinilai tidak memenuhi syarat untuk menjadi pulau karantina.

Kepala Badan Karantina Kementerian Pertanian Banun Harpini mengatakan pihaknya telah menyelesaikan proses analisis dampak lingkungan (amdal) dan hasilnya tidak sesuai dengan harapan.

"Studi amdal sudah selesai. Hasilnya ternyata lahan di Pulau Naduk tidak visible untuk dijadikan lokasi pembangunan instalasi karantina," ujar Banun di Kantor Pusat Kementan, Jakarta, Kamis (8/6).

Ia menjelaskan letak geografis Pulau Naduk berada di sebuah cekungan dan hanya memiliki ketinggian 15-80 centimeter (cm) di atas permukaan laut. Hal tersebut membuat pulau tersebut rawan terendam banjir rob.

Bahkan, lanjutnya, lokasi tersebut termasuk ke dalam daerah berbahaya karena merupakan habitat buaya.

Untuk sementara, sambung Banun, pemerintah saat ini belum mencari lokasi baru sebagai pengganti Pulau Naduk. Sebab, payung hukum mengenai pulau karantina tersebut belum terbit hingga saat ini. Selain itu, dibutuhkan keterlibatan banyak pihak dan investasi yang besar untuk membangun sebuah pulau karantina.

"Pulau lain, nanti tergantung pemerintah karena Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) pulau karantina juga belum terbit sampai saat ini. Kalau pun mencari lokasi baru, ini harus menjadi program nasional, karena butuh keterlibatan banyak pihak dan investasi yang besar," tandas dia. (OL-6)

Baca Juga

Istimewa

Covid-19 Tak Halangi Petani Indramayu Panen Raya Padi dan Jagung

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Maret 2020, 13:17 WIB
Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Indramayu Takmid mengatakan Kementan setiap tahun menggelontorkan bantuan untuk Kabupaten...
Antara/Rahmad

Terdampak Covid-19, Pemerintah Siap Beli Produk Perikanan

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 29 Maret 2020, 10:40 WIB
Pasar produk perikanan global ikut terdampak pandemi covid-19. Mengantisipasi turunnya permintaan, pemerintah berencana  membeli...
Dok. Pribadi

Kementan Jamin Kelancaran Distribusi Pangan

👤DESPIAN NURHIDAYAT 🕔Minggu 29 Maret 2020, 06:50 WIB
Karena menyangkut hajat hidup masyarakat, Kementan berupaya pangan sampai ke...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya