Rabu 07 Juni 2017, 19:05 WIB

Kemenhub Kucurkan Anggaran Rp27 Miliar untuk AG XVIII

Achmad Zulfikar Fazli | Ekonomi
Kemenhub Kucurkan Anggaran Rp27 Miliar untuk AG XVIII

Ist

 

KEMENTERIAN Perhubungan mengucurkan anggaran sebesar Rp27 miliar untuk mendukung pelaksanaan Asian Games (AG) XVIII pada 2018 mendatang. Anggaran itu diambil dari anggaran internal Kemenhub.

Menteri Perhubungan Budi Karya mengatakan, anggaran yang digelontorkan lebih banyak digunakan buat pelaksanaan AG di Jakarta. Sisanya buat pelaksanaan di Palembang, Sumatra Selatan.

"Rp25miliar-Rp27 miliar untuk mayoritas Jakarta dan ada di Palembang sedikit. (Anggaran) dari internal Kemenhub," kata Budi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/6).

Salah satu perbantuan yang diberikan Kemenhub ialah menyediakan sekitar 300 bus besar buat mengangkut atlet dan keperluan lain. Namun, ia tidak bisa merinci penyediaan bus di dua daerah yang menjadi venue AG tersebut.

"Detailnya saya tidak hafal, tapi itu semua 300 bus besar kapasitas 50 orang selama penyelenggaraan," ujar dia.

Menurut dia, pihaknya juga tak akan mengurangi jumlah anggaran yang bakal dikeluarkan untuk AG. Sebab, anggaran tersebut sudah tergolong kecil.

"Enggak perlu segitu saja pas-pasan, pemda yang urun (bantuin)," kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengingatkan anak buahnya berhati-hati dalam menggunakan anggaran untuk AG XVIII. Ia meminta penggunaan anggaran dihitung secara rinci sehingga tidak berlebihan.

"Saya ingatkan anggaran untuk tidak dilebih-lebihkan dan juga tidak berlebihan," kata Jokowi saat memimpin Rapat Terbatas membahas penggunaan anggaran AG XVIII dan Asian Para Games 2018 di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu.

Meski segala persiapan harus dipercepat, ia ingin prinsip keterbukaan, transparansi, dan dapat dipertanggungjawabkan tetap dikedepankan.

"Dalam penggunaan anggaran, prinsip-prinsip yang harus kita pegang sekali lagi efektif, efisien, transparan, dan akuntabel," ucap dia. (MTVN/OL-2)

Baca Juga

MI/Iiz Zatnika

Kemenkop UKM Dorong Empat Skema Bantu Koperasi Terdampak Covid-19

👤M Ilham Ramadhan 🕔Minggu 29 Maret 2020, 13:55 WIB
LPDB siap melakukan relaksasi terhadap mitra-mitra...
Istimewa

Covid-19 Tak Halangi Petani Indramayu Panen Raya Padi dan Jagung

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Maret 2020, 13:17 WIB
Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Indramayu Takmid mengatakan Kementan setiap tahun menggelontorkan bantuan untuk Kabupaten...
Antara/Rahmad

Terdampak Covid-19, Pemerintah Siap Beli Produk Perikanan

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 29 Maret 2020, 10:40 WIB
Pasar produk perikanan global ikut terdampak pandemi covid-19. Mengantisipasi turunnya permintaan, pemerintah berencana  membeli...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya