Selasa 06 Juni 2017, 17:10 WIB

Pembatasan Ritel di Daerah Disambut Antusias Pemda

Cikwan Suwandi | Ekonomi
Pembatasan Ritel di Daerah Disambut Antusias Pemda

MI

 

RENCANA Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution untuk melakukan pembatasan operasional minimarket (convenience store) demi mendorong kebijakan pemerataan ekonomi, mendapat tanggapan positif dari pemerintah daerah.

Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Wawan Setiawan mengatakan rencana kebijakan Menko Ekuin Darmin, dinilai akan membantu pemerintah daerah untuk mengatur pertumbuhan ritel. "Saya setuju, tentu kita akan adopsi jika keputusan tersebut," kata Wawan kepada Media Indonesia, Selasa (6/6).

Dengan adanya aturan pengaturan mengenai pasar modern. Sehingga tingkat pemerataan ekonomi masyarakat dapat tumbuh dengan baik. "Misalnya dapat dilakukan penghitungan perizinan ritel melalui jumlah penduduk dan di kombinasikan dengan potensi ekonomi lokal," ujarnya.

Wawan mengaku langkah aturan kebijakan mengenai minimarket tersebut merupakan warisan dari Dinas Perdagangan sebelum dilakukan perizinan satu pintu. "Sebelumnya kita juga sudah memiliki Perda yang mengatur ritel itu harus diatur pada setiap jaraknya,' pungkas dia.

Rencana pembatasan minimarket tersebut kini tengah dikaji Kementerian Perdagangan. Tujuan lainnya ialah membatasi kepemilikan satu korporasi atau investor dalam sebuah jaringan minimarket.

Untuk itu, pemerintah saat ini sedang merumuskan peraturan dalam bentuk perpres yang akan memberikan peluang bagi pasar tradisional agar tumbuh dan lebih berkembang. Peraturan itu akan mengatur mulai persentase kepemilikan, zona minimarket, hingga penggunaan merek suatu barang untuk menghalangi adanya dominasi merek tertentu.(OL-3)

Baca Juga

DOK: SINARMAS LAND

Sinar Mas Land Siapkan Bantuan 25.000 Alat Uji Covid-19

👤RO 🕔Selasa 07 April 2020, 21:10 WIB
Puluhan ribu rapid test kit tersebut rencananya diserahkan ke Kementerian Kesehatan sebanyak 12.500 alat dan sisanya ke sejumlah pemerintah...
Antara

Menteri PUPR Bakal Minta Relaksasi Pembayaran Kewajiban Jalan Tol

👤Antara 🕔Selasa 07 April 2020, 20:49 WIB
Jalan tol mengalami penurunan sekitar 40 sampai dengan 60 persen dari LHR pada hari-hari...
Antara

Pemerintah Percepat Program Padat Karya Tunai

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Selasa 07 April 2020, 20:08 WIB
Kementerian Koordinator Perekonomian tengah menyiapkan sejumlah program guna melindungi masyarakat dari dampak penyebaran virus korona...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya