Selasa 06 Juni 2017, 14:53 WIB

Bahas AEol, DPR akan Adakan Rapat Konsultasi dengan Kemenkeu

Gervin Nathaniel Purba | Ekonomi
Bahas AEol, DPR akan Adakan Rapat Konsultasi dengan Kemenkeu

MI/Susanto

 

DPR RI akan mengkaji program keterbukaan informasi atau Automatic Exchange of Information (AEol) untuk kepentingan perpajakan. Implementasi dari Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2017 itu akan melegalkan mengintip data nasabah perbankan.

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan mengatakan, pihaknya akan mengadakan rapat konsultasi antara Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Pimpinan Fraksi, dan Pimpinan Komisi XI DPR untuk membahas penerapan AEol. Hal ini untuk mendalami pengaruh dari program kepada masyarakat.

"Nah, ini sedang dibahas. Tadi kebetulan juga diskusi dengan Menkeu. Kita akan segera adakan rapat konsultasi," ujar Taufik ditemui di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (6/6).

Pembahasan dalam rapat konsultasi itu sangat penting, mengingat penerapan program tersebut dinilai sangat sensitif di masyarakat. Ia tidak ingin adanya kebijakan ini malah membuat investor kabur.

"Jangan sampai itu justru mengurangi minat investasi di Indonesia. Takut semua orang. Perlu ada rapat konsultasi dengan Pimpinan Fraksi, Pimpinan Komisi XI dengan anggaran," tuturnya.

Pemerintah menerbitkan Perppu Nomor 1 Tahun 2017 tentang akses informasi keuangan untuk kepentingan perpajakan sebagai konsekuensi keikutsertaan Indonesia dalam mengimplementasikan perjanjian pertukaran informasi keuangan secara otomatasi atau AEol. Inisiatif ini sudah disepakati oleh anggota G20 dan akan dijalankan mulai 2018.

Perppu ini memberikan kewenangan Dijren Pajak mendapat akses informasi keuangan untuk kepentingan perpajakan dari Lembaga Jasa Keuangan (LJK) yang melaksanakan kegiatan di sektor perbankan, pasar modal, peransuransian, lembaga jasa keuangan lainnya dan atau entitas lain yang dikategorikan sebagai lembaga keuangan sesuai standar pertukaran informasi. (MTVN/OL-6)

Baca Juga

ANTARA

Meningkatnya Pemimpin Perempuan di BUMN Wujud Inovasi

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 01:30 WIB
Kementerian BUMN berharap muncul talenta-talenta terbaik untuk memajukan kinerja dan performa...
ANTARA/Dedhez Anggara (STR)

Target Tinggi, Akselerasi FLPP Tahun Depan Mesti lebih CepatĀ 

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 22:15 WIB
Dengan target penyaluran KPR FLPP 2021 sebesar 157.500 unit senilai Rp19,1 triliun, bank pelaksana harus bekerja dua kali...
MI/Susanto

Sri Mulyani: Kesenjangan Teknologi Terjadi di Indonesia

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 21:59 WIB
Transformasi digital itu dilakukan melalui pemberian subsidi berupa internet gratis kepada siswa, guru hingga pendidikan tinggi guna...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya