Rabu 04 Maret 2015, 00:00 WIB

Permintaan Melonjak,Harga Tabung Melon Naik

MI | Nusantara
Permintaan Melonjak,Harga Tabung Melon Naik

ANTARA/JOKO SULISTYO

 
HARGA elpiji tabung 12 kilogram yang naik Rp5.000 per tabung membuat masyarakat di berbagai tempat di Tanah Air beralih ke tabung melon alias elpiji 3 kg. Tabung melon pun menjadi primadona. Selain itu, harganya naik akibat kebanjiran permintaan.

Sejumlah agen elpiji di Kota Sukabumi, Jawa Barat, mengeluhkan turunnya permintaan gas 12 kg. Di agen PT Gas Tanjung Sari Alam, misalnya. Diler elpiji 3 kg dan 12 kg di Jalan Jenderal Sudirman itu, intensitas bongkar muat elpiji 12 kg turun pascapenaikan harga sebesar Rp5.000 dari semula Rp129 ribu menjadi Rp134 ribu per tabung.

Berbanding terbalik, bongkar muat tabung elpiji 3 kg cukup tinggi. "Banyak konsumen elpiji 12 kg memprotes penaikan harga. Ada yang tidak jadi beli. Mereka akhirnya beli elpiji 3 kg," kata Kepala Gudang PT Gas Tanjung Sari Alam, Roni, kemarin.

Naiknya permintaan itu mengingat harga elpiji 3 kg Rp16 ribu per tabung di tingkat agen. Di warung, elpiji 3 kg dibanderol Rp20 ribu.

Di Cimahi, terjadi kelangkaan elpiji 3 kg selama dua pekan terakhir. Karena itu, warga harus menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP) jika ingin membeli gas bersubsidi tersebut. Sementara itu, harga tabung melon di warung sudah mencapai Rp20 ribu sampai Rp25 ribu per tabung.

Di Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, pemilik rumah makan beralih ke gas elpiji 3 kg setelah elpiji 12 kg naik harga. "Sekarang saya terpaksa beralih ke gas 3 kg, karena kalau menggunakan gas 12 kg pasti rugi," kata Santo, pemilih rumah makan padang.

Santo menjelaskan harga gas elpiji kemasan 12 kg Rp150 ribu, sedangkan gas elpiji kemasa 3 kg Rp17 ribu. "Kalau gas 12 kg biasanya saya selalu beli 3 tabung, tapi sekarang karena menggunakan gas 3 kg, saya membeli 10 tabung," kata Santo membeberkan upayanya berhemat.

Di Manado, Sulawesi Utara, peralihan dari tabung 12 kg ke tabung melon menyebabkan harga elpiji bersubsidi itu naik. Kendati tabung 3 kg mudah didapat di pasaran, harganya terus naik dan kini mencapai Rp22 ribu per tabung. Pekan sebelumnya, harga tabung melon masih di kisaran Rp18 ribu hingga Rp19 ribu per tabung.

Kondisi serupa terjadi di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, sehingga membuat elpiji 3 kg naik harga menjadi Rp22 ribu dari harga semula Rp18 ribu. (BB/DG/RF/VL/SS/N-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More