Rabu 17 Agustus 2022, 13:36 WIB

Farrel 'Ambyarkan' Perayaan HUT RI ke-77 di Istana Merdeka

Andhika prasetyo | Politik dan Hukum
Farrel

Medcom/DOK YouTube Sekretariat Presiden
Farel Prayoga menyanyi di HUT ke-77 RI di Istana Negara.

 

BUKAN Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang mencuri panggung pada gelaran Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini, melainkan Farrel Prayoga, bocah kelas 6 sekolah dasar asal Banyuwangi, Jawa Timur.

Membawakan lagu Ojo Dibandingke, anak 12 tahun itu mampu menggoyang seluruh audiens, termasuk para menteri, bahkan Presiden Joko Widodo.

Sejak awal penampilannya, Farrel sudah menggemparkan Halaman Depan Istana Merdeka yang menjadi venue upacara. Ia mengganti lirik lagu bagian reff yang semestinya 'hanya ada kamu' menjadi 'hanya ada Pak Jokowi'.

Sontak, kepala negara pun tertawa lebar mendengar improvisasi tersebut.

Larut dalam keriaan, dalam beberapa kesempatan, Jokowi tertangkap kamera dengan fasih mengikuti Farrel menyanyikan lagu berbahasa Jawa itu.

Ibu Negara Iriana Jokowi bahkan bergoyang di hampir sepanjang lagu.

Suasana semakin panas ketika Menteri Pertahanan Prabowo Subianto turun ke panggung dan berjoget di samping Farrel. Ia terlihat begitu menikmati meskipun harus diakui gerakannya sedikit kaku.

Aksi Farrel, walau hanya dipanggung kecil, nyatanya menjadi candu. Penonton meminta penyanyi cilik itu melanjutkan perform-nya. Bak gayung bersambut, Farrel pun ternyata memiliki keinginan yang sama. Ia langsung meminta izin kepada Presiden untuk kembali bernyanyi.

"Ijin, Pak, sekali lagi nggih?"

Jokowi pun mengacungkan jempolnya menandakan persetujuan, sambil melontarkan request, "Joko Tingkir!"

Sayangnya, permintaan tersebut tidak bisa dipenuhi lantaran tim audio tidak menyiapkan lagu tersebut.

Akhirnya, Farrel kembali menyanyikan lagu yang sama, Ojo Dibandingke, namun kali ini dengan dampak yang jauh lebih menggema.

Banyak menteri yang ikut turun ke panggung, menyusul Prabowo. Para srikandi Kabinet Indonesia Maju yakni Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi tanpa canggung berlenggak-lenggok. Menteri Keuangan Sri Mulyani juga tidak ketinggalan. Ia bahkan digandeng aktor ternama Reza Rahadian.

Dari bangku penonton, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri PU-Pera Basuki Hadimuljono, Menteri Koperasi dan UKM Tetem Masduki, Kapolri Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Andika Perkasa juga tidak kuasa menahan tubuh mereka untuk tidak ikut bergoyang.

Setelah dua lagu, Farrel akhirnya mengakhiri penampilannya yang diiringi tepuk tangan meriah dari para penonton yang hadir.

Sebelumnya, saat gladi resik pada Senin (15/8), Farrel sudah bertemu Jokowi secara langsung. Dalam kesempagan itu Presiden berpesan kepada bocah Banyuwangi itu untuk terus belajar setinggi-tingginya.

"Nyanyi boleh, tapi jangan lupa belajar. Jangan lula sekolah sampai setinggi-tingginya," ucap Jokowi.

Baca Juga

Dok TPNPB-OPM

Setelah Bunuh Pekerja Proyek Trans Papua, TPNPB Bakar Kantor Distrik Paniai

👤Emir Chairullah 🕔Jumat 30 September 2022, 23:26 WIB
Sebby menambahkan, pihaknya akan terus melakukan penyerangan terhadap fasilitas umum yang ada di...
MI/Moh Irfan

Polri Tetapkan 10 Tersangka dalam Kasus Perjudian Kelas Atas

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Jumat 30 September 2022, 23:12 WIB
Adapun 10 tersangka dalam kasus perjudian kelas atas diketahui masih berada di luar negeri. Polri kemudian memasukkan 10...
MI/M Irfan

Jenderal Andika dan Jenderal Dudung Saling Melengkapi

👤Media Indonesia 🕔Jumat 30 September 2022, 22:10 WIB
KEHADIRAN Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman saat rapat kerja dengan Komisi I DPR RI (26/9) membuktikan tak ada...