Jumat 27 Oktober 2017, 20:28 WIB

Tersangka Korupsi Asian Games 2018 Divonis 4 Tahun Penjara

Nurul Fadillah | Politik dan Hukum
Tersangka Korupsi Asian Games 2018 Divonis 4 Tahun Penjara

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

 

MANTAN Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Dodi Iswandi, mendapat vonis hukuman 4 tahun penjara dan denda Rp300 juta subsider 3 bulan.

Dodi terbukti bersalah atas kasus korupsi dana sosialisasi Asian Games 2018 di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta Pusat, pada Kamis (26/10) malam.

Dalam kasus korupsi dana sosialisasi Asian Games 2018 yang merugikan negara Rp10,9 miliar, terdakwa Dodi dinyatakan tidak terbukti melanggar dakwaan primer Pasal 2 Undang-Undang Tipikor dengan menerima uang dari kegiatan karnaval di 6 kota. Namun, ia dan mantan Bendahara KOI, Anjas Rifai, terbukti melanggar dakwaan subsider Pasal 3 UU (PPK), karena menyalahgunakan wewenang hingga menimbulkan kerugian negara sebesar Rp10,9 miliar.

Penyalahgunaan wewenang itu direalisasikan dalam bentuk pembayaran secara tidak sah kepada para vendor di 6 kota yang dianggap tidak sah. Dengan demikian, selain Dodi, Anjas juga mendapat hukuman serupa.

Berikut pula dengan Direktur PT Hias, Ihwan Agusalim, yang menjadi vendor kegiatan karnaval di Surabaya yang juga dijatuhkan hukuman 4 tahun 6 bulan penjara dan denda sebesar Rp300 juta subsider 3 bulan. Ihwan juga diminta mengembalikan kerugian negara sebesar Rp1,7 miliar atau kurungan 1 tahun. (OL-2)

Baca Juga

MI/Lina Herlina

Putusan Terdakwa HAM Berat Paniai Dibacakan Hari Ini

👤 Tri Subarkah 🕔Kamis 08 Desember 2022, 07:05 WIB
VONIS terhadap Mayor Inf (Purn) Isak Sattu, terdakwa tunggal dalam perkara pelanggaran HAM berat pada Peristiwa Paniai 2014 akan dibacakan...
ANTARA/Rivan Awal Lingga

Bupati Bangkalan Diduga Kantongi Rp5,3 Miliar Hasil Jual Beli Jabatan

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Kamis 08 Desember 2022, 05:32 WIB
Abdul merupakan pejabat yang memiliki kewenangan memilih dan menentukan kelulusan ASN di Pemkab Bangkalan. Jabatan yang dijualnya yakni...
ANTARA

Ditangkap di Jatim, Bupati Bangkalan Tiba di Gedung KPK Malam Ini

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 23:25 WIB
Sebelumnya, KPK memeriksa telah memeriksa para tersangka tersebut di Gedung Polda Jatim, Rabu (7/12)...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya