Selasa 24 Juli 2018, 13:00 WIB

Bandara Kuala Pembuang Ganti Nama

Antara | Nusantara
Bandara Kuala Pembuang Ganti Nama

Ist

 

BANDARA di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, yang selama ini bernama Bandara Kuala Pembuang secara resmi berganti nama menjadi Bandara Kapten Mulyono.

Bupati Seruyan Sudarsono di Kuala Pembuang, Selasa (24/7), mengatakan pergantian nama bandara ini dilakukan berdasarkan hasil kesepakatan dengan tokoh masyarakat dan pejabat.

Ia menjelaskan, penggunaan nama Kapten Mulyono sebagai nama bandara di Seruyan merupakan salah satu bentuk penghargaan yang diberikan untuk mengenang jasa pahlawan yang berjuang melawan para penjajah.

Dalam catatan sejarah, Kapten Mulyono memegang peran strategis dalam revolusi fisik melawan pasukan Belanda pada 1947 di pedalaman Kalimantan, khususnya untuk wilayah hulu Sungai Seruyan.

Kapten Mulyono mendapat tugas khusus untuk merekrut pejuang di pedalaman Kalimantan dan mengomandoi pelatihan militer yang dipusatkan di Sepan Biha Desa Tumbang Manjul Kecamatan Seruyan Hulu, dengan kode pasukan M N 1001.

"Jadi kami berharap nama Kapten Mulyono dapat lebih dikenal dan menjadi motivasi bagi masyarakat Seruyan agar berbuat yang terbaik bagi daerah dan bangsa ini, serta bandara sendiri menjadi lebih baik dan maju," katanya.

Sementara itu, salah satu ahli waris atau anak Kapten Mulyono, Satria Budiono, yang hadir dalam peresmian nama bandara tersebut mengaku bangga dengan disematkan nama orang tuanya menjadi nama bandara di Seruyan.

"Kami atas nama keluarga sangat berterima kasih kepada Pemkab Seruyan dan tokoh masyarakat yang memutuskan nama orangtua kami menjadi nama bandara," katanya.

Menurutnya, sejarah perjuangan Kapten Mulyono di pedalaman Kalimantan melawan penjajah memang masih banyak yang belum terungkap dan tercatat dengan baik.

"Namun dengan dengan dijadikannya sebagai nama bandara diharapkan sebagian cerita perjuangan beliau dapat menjadi inspirasi dan memberi semangat masyarakat untuk membangun daerah Seruyan jadi lebih baik," katanya. (OL-2)

Baca Juga

MI/Heri Susetyo

RSUD Sidoarjo terus Didatangi Pasien Covid-19

👤Heri Susetyo 🕔Kamis 24 Juni 2021, 11:49 WIB
Maksudnya stagnan adalah pasien tersebut belum mendapatkan kamar khusus untuk perawatan. Sehingga mereka harus dirawat sementara di IGD...
MI/Gabriel Langga

Kasus Covid-19 Meningkat, Pemkab Flotim Sulap Ruang VIP Jadi Ruang Isolasi

👤Gabriel Langga 🕔Kamis 24 Juni 2021, 11:05 WIB
"Ruang isolasi yang kita siapkan di RSUD dr Hendrikus Fernandez sekarang sudah penuh diisi pasien...
MI/LILIK DARMAWAN

Kehadiran Bandara JB Soedirman Kikis Keegoisan, Kukuhkan Kebersamaan

👤Lilik Darmawan 🕔Kamis 24 Juni 2021, 09:10 WIB
Bupati Purbalingga juga menegaskan bahwa Bandara JB Soedirman tidak hanya untuk masyarakat Kabupaten Purbalingga, tetapi juga masyarakat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Diplomasi Jalur Rempah di Kancah Dunia

Perjalanan sejarah Indonesia terasa hambar tanpa aroma rempah. Warisan sosial, ekonomi, serta budaya dan ilmu pengetahuan itu kini dikemas dan disodorkan kepada dunia untuk diabadikan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya