Rabu 29 April 2015, 00:00 WIB

Hari Bebas Kendaraan Diterapkan pada May Day

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Hari Bebas Kendaraan Diterapkan pada May Day

Dok MI

 
PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta akan menerapkan rekayasa lalu lintas seperti pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day pada tanggal 1 Mei mendatang yang diperingati sebagai Hari Buruh. Rekayasa lalu lintas model ini diterapkan agar situasi jalan-jalan menjadi lebih tertib dan aman saat para buruh melakukan demonstrasi dan aksi damai. Sebab, diperkirakan demo buruh akan terjadi seperti tahun-tahun sebelumnya di mana buruh dari berbagai wilayah di Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi akan menuju Jakarta.

"Kita pikir supaya lebih tertib dan aman menanganinnya," kata Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Balaikota, Rabu (29/04). Ahok mengatakan kondisi rekayasa lalu lintas HBKB pada 1 Mei nanti diperkirakan lebih panjang masa penerapannya dibandingkan HBKB umumnya yang sering diselenggarakan pada akhir pekan. Ahok pun mengatakan dengan adanya sistem HBKB ia pun meminta agar para buruh tidak menggunakan kendaraan untuk berkonvoi melainkan berjalan kaki saat berdemonstrasi.

"Persis seperti situasi (HBKB) mungkin sampai siang. Kita tidak ingin konvoi-konvoi kendaraan yang berbahaya seenaknya. Dengan sistem hari bebas kendaraan tidak ada konvoi harus jalan kaki," tuturnya. Penerapan manajemen rekayasa lalu lintas juga dibenarkan oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Benjamin Bukit. Ketika dihubungin Media Indonesia, Benjamin menyatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Subdit Pendidikan dan Rekayasa Lalu Lintas (Dikyasa) Polda Metro Jaya untuk menjaga arus lalu lintas pada Hari Buruh Nasional dengan menerapkan sistem HBKB.

Jam yang diterapkan pun lebih lama daripada HBKB yang biasa digelar pada akhir pekan yakni sejak pukul 06.00-13.00. "Ya sudah saya terima surat dari Subdit Dikyasa. Jamnya memang lebih panjang. Kalau HBKB biasa dari pukul 06.00-11.00 ini kita terapkan sampai pukul 13.00," kata Benjamin.(Q-1)


Baca Juga

Antara/Aditya Pradana Putra

6 Stasiun  KRL ini akan Selenggaran Tes Antigen Acak pada Penumpang

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 20:30 WIB
Tes antigen acak ini dilakukan sebelum pengguna bertransaksi untuk membeli tiket ataupun tap masuk di gate elektronik...
Dok.Apical Group

Peduli Kesehatan Masyarakat, Apical Bagikan Sembako

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 19:20 WIB
Sebagai upaya mendukung kesehatan masyarakat di sekitar pabrik operasinya, mereka membagikan sembako bagi masyarakat di sekitar lingkungan...
Antara/M. Risyal Hidayat

Kasus Harian Covid-19 di Jakarta Kembali Catatkan rekor, Tambah 4.895 Kasus

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 19:02 WIB
Dari jumlah tes tersebut, sebanyak 16.797 orang dites PCR hari ini untuk mendiagnosis kasus baru dengan hasil 4.895 positif dan 11.902...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pungli Tetap Marak Pak Satgas!

Pungli di berbagai layanan publik terus menjadi masalah yang dialami masyarakat, bahkan di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya