Jumat 25 November 2022, 16:49 WIB

KPPPA dan Anak Sehat Sido Muncul Kampanye Antikekerasan terhadap Perempuan dan Anak

mediaindonesoa.com | Humaniora
 

MEMPERINGATI Hari Anak Sedunia yang jatuh pada 20 November 2022 lalu, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) berkolaborasi dengan Sido Muncul melalui salah satu produk unggulannya 'Anak Sehat'. Melalui peringatan Hari Anak Sedunia tahun ini, KPPPA dan Sido Muncul mendorong peningkatan kualitas hidup anak-anak Indonesia. Yaitu dengan memastikan anak-anak terlindungi dari kekerasan dan diskriminasi, termasuk dari perilaku bullying atau perundungan sesuai amanat Konstitusi UUD 1945.

Perlu diketahui bahwa kasus perundungan atau bullying terhadap anak terus muncul di Indonesia. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) melaporkan terdapat 2.010 kasus perlindungan anak sepanjang periode Januari-Juni 2022.

Program yang dilakukan KPPPA adalah anti-bullying, dan Hotline Service untuk kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di slum area (terutama daerah Jakarta Utara) bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mengampanyekan '16 Hari Kampanye Anti Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak'. Kick-off dilakukan Jumat, 25 November 2022 di SDN Kalibaru 09 Pagi, Cilincing, Jakarta Utara.

Acara dibuka oleh Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Puspa Yoga. Turut hadir Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana H, Kadis PPAPP, PJ TPPKK, dan Vice Marketing Director PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk Maria Reviani Hidayat.
"Ada UU Perlindungan anak. Semua harus saling menjaga dan menghargai," kata Menteri PPPA Bintang saat Kick Off di hadapan sekitar 50 anak.

Menteri PPPA Bintang juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama melawan dan menolak segala bentuk kekerasan terhadap perempuan. "Melalui peringatan 16 HAKTP tahun 2022, kami mengajak seluruh pemangku kepentingan agar bersatu dalam upaya memutus mata rantai kekerasan terhadap perempuan di Indonesia, yang saat ini masih menjadi fenomena gunung es," ujar Menteri PPPA Bintang.

Menteri PPPA juga mengajak seluruh perempuan Indonesia. Ayo Berani Bicara untuk mengungkapkan kasus kekerasan ini mulai dari sekarang. "Jika ada kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, langsung hubungi call center 129 atau whatsapp 08111-129-129," sarannya.

Menurutnya, masyarakat juga bisa berperan sebagai saksi yang bisa melapor jika melihat ada tindak kekerasan di sekitar mereka. "Kami akan mendampingi korban dan memastikan korban mendapatkan layanan yang cepat dan tepat sesuai dengan kebutuhan perempuan dan anak korban kekerasan,” timpal Menteri PPPA Bintang.

Pada kesempatan ini Sido Muncul memberikan bantuan berupa uang tunai dan produk-produk kesehatan Sido Muncul senilai Rp100 juta kepada 200 anak SDN Kalibaru 09 Jakarta Utara. Banyak dari anak-anak ini, selain bersekolah, mereka juga ikut membantu orangtua mereka bekerja sebagai pemecah kerang hijau di sekitar area Kalibaru, Cilincing.

“Harapan saya dengan adanya kolaborasi antara Sido Muncul dan Kementerian Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia yang bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam kampanye antikekerasan terhadap perempuan dan anak, nantinya anak-anak dapat menjaga dirinya dari kekerasan dan tidak takut untuk melaporkan jika mengalami atau melihat kekerasan di sekelilingnya,” ujar Maria Hidayat seusai Kick-Off 16 Hari Kampanye Antikekerasan terhadap Perempuan dan Anak.

Anak Sehat Sido Muncul selain berpartisipasi pada peringatan Hari Anak, sejak Oktober 2022 juga telah bekerja sama dengan Diknas Provinsi DKI Jakarta. Yaitu dengan mengunjungi 200 Sekolah Dasar yang ada di lima kotamadya di Jakarta, Bogor, Depok, Bandung, dan Yogyakarta, untuk memberikan edukasi kepada anak-anak tentang bagaimana menjaga kesehatan tubuh dengan menggunakan Herbal Indonesia seperti Anak Sehat, agar bisa menjaga tubuh anak tetap sehat dan aktif supaya bisa bermain dan belajar dengan optimal. "Diharapkan anak-anak dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal," tambah Maria.

Anak Sehat merupakan suplemen herbal untuk anak usia 2-12 tahun yang mengandung temulawak, wortel, temu ireng, madu, dan bahan herbal lainnya yang dapat meningkatkan nafsu makan, menyehatkan mata, dan meningkatkan daya tahan tubuh seperti pada tagline 'Anak Sehat, Herbalnya Anak'. (Yan)

Baca Juga

Antara

KPI Dukung Pelaksanaan ASO Tahap II

👤Ant 🕔Rabu 30 November 2022, 23:08 WIB
Adapun wilayah-wilayah yang akan melaksanakan ASO tahap II ini antara lain Kota Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang dan...
Antara

Stigma Negatif Masih Melekat pada ODHIV

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 30 November 2022, 22:51 WIB
Padahal, penularan HIV bisa terjadi dengan berbagai cara. Mulai dari penggunaan jarum suntik yang tidak aman, transfusi tidak aman, hingga...
Ist

Wamenag Soroti Minimnya Riset Tentang Zakat

👤Widhoroso 🕔Rabu 30 November 2022, 20:56 WIB
Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi, Rabu (30/11) secara virtual membuka The 6th Indonesian Conference of Zakat (ICONZ)...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya