Selasa 04 Oktober 2022, 13:00 WIB

Mau Jadi Hacker, Ini Kemampuan yang Harus Dikuasai

Mesakh Ananta Dachi | Humaniora
Mau Jadi Hacker, Ini Kemampuan yang Harus Dikuasai

123rf.com
ilustrasi

 

ISTILAH “Hacker” kini menjadi semakin lebih terkenal pasca viralnya kasus Bjorka di media sosial. Yang di mana, Bjorka mengklaim bahwa telah meretas data penduduk Indonesia dan membagikannya ke internet.

Kendati demikian, hacker tidak selalu memiliki konotasi yang buruk karena pada dasarnya hacker berarti kemampuan seseorang dalam mengakses server atau data base sebuah institusi dengan memanfaatkan kelemahan sistem pengamanannya. 

Baca juga: Dokter Sarankan Keluarga Biasakan Makan Bersama, Ini Manfaatnya

Terdapat istilah ethical hacker, atau mereka yang melakukan kegiatan hacking dengan tujuan untuk memperbaiki sistem pengamanan sebuah institusi dan mereka dibayar untuk itu. Maka, bagaimana caranya menjadi hacker, atau belajar untuk melakukan kegiatan hacking.

Cara menjadi hacker

Melansir dari laman ekrut.co setidaknya terdapat 7 langkah untuk anda dapat menjadi hacker.

1. Pelajari dan Kuasai Penggunaan Sistem Operasi Linux/Unix

Unix atau singkatan dari Uniplexed Information and Computing System merupakan sebuah sistem operasi yang pada umumnya digunakan oleh para hacker. Selain lebih aman dibanding sistem operasi lainnya, Linux juga memiliki opsi yang lebih terbuka dalam penggunaannya.

2. Pelajari Bahasa Pemrograman

Langkah selanjutnya untuk menjadi hacker adalah mengerti bahasa pemrograman. Yang berbeda dengan bahasa manusia. Anda dapat mempelajari bahasa pemrograman melalui kelas, kursus, buku, atau internet. Berbagai bahasa pemrograman seperti Python, JavaScript, C atau C++ adalah contoh bahasa pemrograman.

3. Menjaga Data Pribadi

Langkah selanjutnya adalah memastikan data pribadi anda tidak secara bebas dan berpotensi untuk diakses di internet. Maka, pastikan untuk memastikan hal hal yang anda akan posting di internet. Hindari untuk mempublish hal yang bersifat privasi.

4. Berselancar Internet dengan Luas

Internet yang kita gunakan seperti google, chrome, bing, dll, adalah sebagian kecil dari internet. Anda dapat menjelajahi internet yang lebih luas lagi. Yang pada umumnya tersembunyi, dan anda memperlukan kemampuan penggunaan komputer untuk dapat mengaksesnya. Dengan menjalajahi internet lebih luas, anda akan menemukan pengetahuan baru mengenai internet.

5. Memahami Cara Kerja Sebuah Sistem

Anda dapat memulai melakukan pembelajaran sistem yang ada, melalui website yang sering anda kunjungi. Dengan perlahan lahan melakukan observasi dan penelitian mengenai cara kerja sistem tersebut, anda mulai dapat mempelajari bagaimana anda bisa mengakses data yang ada dalam sistem tersebut.

6. Eksperimen dan Percobaan

Untuk dapat mengakses sebuah sistem yang ada, tidak selalu dapat terjadi dalam sekali percobaan. Anda dapat terus menerus mengulang percobaan anda. Dengan melakukan pengulangan, anda telah memetakan kesalahan yang terjadi, hingga anda dapat mencapai kesimpulan pada sistem.

7. Bergabung dalam Komunitas

Langkah yang terakhir merupakan salah satu langkah yang terbaik. Karena hacker pada umumnya, kemampuan  akan semakin berkembang, di tengah komunitas yang kita ikuti. Maka, dengan bergabung dengan komunitas hacker yang ada, anda akan dapat saling bertukar pikiran, dan menjadi ajang untuk belajar lebih lagi. (OL-6)

Baca Juga

Ist

KAMPAK Dukung Upaya Hukum Mahasiswa Apoteker Cari Keadilan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 21:19 WIB
KFN menyalahi tugasnya dengan membentuk Panitia Nasional Uji Kompetensi Apoteker Indonesia (PN UKAI) sebagai lembaga yang menentukan...
DOK.MI

Angka Kasus Harian Covid-19 Bertambah Jadi 2.548 Orang

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 21:00 WIB
Dengan adanya penambahan kasus harian itu maka total kasus terkonfirmasi positif sejak Maret 2020 berjumlah 6.680.203...
ANTARA

Meski Masih Level 1 Transmisi Komunitas, Vaksinasi Tetap Harus Digalakkan

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 04 Desember 2022, 19:57 WIB
Tren perawatan rumah sakit di ruang isolasi per tanggal 1 Desember 2022 terdapat penurunan sebanyak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya