Sabtu 06 Maret 2021, 02:00 WIB

BPOM Diminta Keluarkan Aturan BPA Galon Air Guna Ulang

Widhoroso | Humaniora
BPOM Diminta Keluarkan Aturan BPA Galon Air Guna Ulang

ANTARA
Ilustrasi

 

DALAM waktu sebulan, lebih dari 50 ribu warganet menandatangani petisi yang dibuat Perkumpulan Jurnalis Peduli Kesehatan dan Lingkungan (JPKL) terkait galon air guna ulang yang mengandung BPA. Petisi tersebut meminta Badan Pengawas Obat dan  Makanan (BPOM) agar mengeluarkan aturan label peringatan konsumen galon guna ulang yang mengandung BPA.

Aturan label peringatan ini bertujuan melindungi konsumen usia rentan agar air di dalam galon guna ulang tidak dikonsumsi bayi, balita, dan ibu hamil karena bisa mengganggu pertumbuhan janin.

Ketua JPKL Roso Daras melihat jumlah partisipasi warganet yang ikut menandatangani petisi menunjukkan masyarakat mulai mengerti akan bahaya BPA. Semakin banyak yang mengetahui tentu saja akan semakin banyak bayi, balita dan janin yang terbebas dari paparan BPA.

"Kami mengajukan petisi untuk memberikan Peringatan Konsumen pada label kemasan galon isi ulang yang mengandung BPA," tegas Roso Daras, dalam keterangannya, Jumat (5/3).

Roso Daras mengatakan label peringatan konsumen ini perlu dicantumkan dalam kemasan galon isi ulang BPA. Pasalnya, berdasarkan penelitian ilmiah, BPA berbahaya bagi bayi, balitam dan janin dalam kandungan ibu hamil.

Ia menjelaskan di banyaka negara seperti Austria, Belgia, Swedia, Prancis, Kanada, dan Denmark penggunaan BPA sudah dilarang karena berbahaya. "Bahkan pada Januari 2021 ini, peneliti dari Thailand, AS, dan Jepang merilis bahwa BPA menyebabkan risiko autisme," ungkapnya.

"Karena itu sebaiknya kemasan galon guna ulang atau galon isi ulang diberi label BPA agar tidak di konsumsi bayi, balita, dan ibu yuang sedang hamil," imbuhnya. (RO/OL-15)

Baca Juga

Instagram @jokowi

Presiden: Penanganan Kesehatan & Pemulihan Ekonomi Harus Seimbang

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 15 April 2021, 05:29 WIB
Dua hal tersebut harus berjalan secara beriringan dan seimbang agar krisis akibat pandemi betul-betul bisa...
MI/Seno

Tolak Bala Kalangan Wali

👤Nasaruddin Umar Imam Besar Masjid Istiqlal 🕔Kamis 15 April 2021, 03:00 WIB
SUATU ketika Rabi’ah al-Adawiyah, seorang sufi perempuan terkenal, mengembara demi mencari tempat yang lebih tenang dan khusyuk untuk...
DOK/Kalbis Institute

Mahasiswa Kalbis Institute Borong Hibah Kompetisi Kewirausahaan

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 15 April 2021, 00:33 WIB
Tiga tim dari Kalbis Institute mampu menduduki posisi enam besar dan memenangkan hadiah sebesar Rp25 juta serta berhak mendapatkan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya