Jumat 17 Juli 2020, 09:30 WIB

Pentingnya Mengoptimalkan Perkembangan Anak

Eni Kartinah | Humaniora
Pentingnya Mengoptimalkan Perkembangan Anak

MI/Fransisco Carollio
Komunitas Aku Badut Indonesia menghibur anak-anak yang menjadi korban kebakaran di Posko Pengungsian Jalan Pemuda Rawamangun, Jakarta.

 

PERKEMBANGAN anak merupakan ritme dan makna dari kehidupan yang terjadi sejak masa konsepsi dan terus berlanjut. Perkembangan anak sejatinya menjadi perhatian orang tua. Sebab dengan memperhatikan perkembangan anak,  kesejahteraan kehidupan anak dapat ditingkatkan, ketahanan mereka dalam menghadapi tantangan pun meningkat, serta membantu berkembang secara sosial.

Demikian dipaparkan oleh dokter spesialis anak dari Jakarta Child Development Center (JCDC), dr. ViniaRusli, Sp.A pada acara Grand Opening JCDC secara virtual pada Jumat (17/7). dr. ViniaRusli, Sp.A memaparkan bahwa perkembangan anak terjadi dari hubungan antara faktor biologis, kognitif, dan sosio-emosional.

Baca juga: Anak-Anak yang Terpapar Covid-19 harus Dapat Perlakuan Khusus

“Dalam proses perkembangan itu, anak diibaratkan sebuah pohon di mana akar-akarnya merupakan kapasitas dan potensinya, lalu keluarga ataupun orang di sekitar anak merupakan tanahnya yang berperan besar dalam proses perkembangan tersebut,” kata dr.Vinia.

Senada, Founder dan Direktur Jakarta Child Development Center (JCDC) Nadia Emanuella Gideon, M.Psi. mengungkapkan, cara pengasuhan yang dilakukan orang tua berperan besar bagi perkembangan anak itu sendiri.  “Akan tetapi, kecenderungan orang tua dalam mengasuh anak ialah berfokus kepada perilaku dan berusaha mengubah perilaku anak menjadi baik. Orang tua umumnya memberikan hadiah atau hukuman yang justru memiliki banyak dampak negatif pada anak dan cara ini tidak melihat kemampuan berpikir, perasaan, dan pondasi biologis dari manusia untuk menjalin hubungan,” kata Nadia.

Nadia juga memaparkan data peningkatan kekerasan yang dilakukan anak, peningkatan penggunaan obat terlarang, dan perilaku negatif lainnya di Indonesia maupun negara lainnya. Hal itu menunjukkan ada kesalahan dalam memahami perilaku anak dan pendekatan yang dilakukan selama ini kurang efektif.

Menurut Nadia, perkembangan anak perlu dimulai dan didasari oleh adanya interaksi dan koneksi yang hangat antara anak dan orang tua ataupun orang dewasa di sekitarnya. Salah satu pendekatan yang terbukti berhasil membantu mengatasi perilaku sulit pada anak dan mendorong optimalisasi perkembangan anak disebut sebagai DIR Floortime.

“DIR Floorti memendorong proses perkembangan anak (D - Development) dan memahami serta mendorong keunikan individu (I - Individual Difference), dengan didasari proses yang menyenangkan dan berbasis interaksi-Relasi-koneksi antara anak dan orang di sekitarnya untuk mendorong potensi anak. Hubungan tersebut dilihat sebagai bensin dari perkembangan anak,” jelas Nadia.

Menerapkan pendekatan DIR Floortime, Jakarta Child Development Center, kata Nadia, hadir di Jakarta sebagai salah satu pusat tumbuh kembang anak dan orang tua. “JCDC sebagai satu-satunya pusat tumbuh kembang yang lengkap dengan pendekatan DIR Floortime percaya bahwa interaksi adalah landasan utama dan pondasi hubungan yang sehat antara orang tua dan anak yang seharusnya ada selalu pada setiap keluarga. Keluarga yang hangat dan memiliki relasi yang sehat akan mendukung perkembangan dan pertumbuhan anak hingga dewasa,” ujar Nadia.

DIR Floortime sudah teruji dan terbukti secara efektif dari sejumlah hasil penelitian untuk membantu mengoptimalkan perkembangan anak dan mengurangi tingkat stres pada pengasuh, serta meningkatkan hubungan antara anak dan pengasuhnya. “Hal itu juga dipaparkan melalui bukti-bukti penelitian yang dilakukan secara luas dalam kasus-kasus perkembangan, trauma, emosional, dan masalah lainnya,” tutup Nadia. (RO/A-1)

Baca Juga

ANTARA

Jelang Iduladha, Kementan Gencar Putus Virus PMK Hewan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 15:00 WIB
Badan Karantina Pertanian besama jajaran Polri melakukan pengecekan terhadap semua hewan baik yang datang dari Pulau Sumatera maupun yang...
Ist

Kemendagri Dorong Pemda Manfaatkan Retribusi Persampahan

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 14:48 WIB
Kemendagri berkomitmen mendorong pemerintah daerah (Pemda) agar memanfaatkan retribusi persampahan atau kebersihan dalam pengelolaan...
Ist/Tanono Foundation

Mengapa Membaca Buku dan Bercerita Penting bagi Anak Balita Anda?

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 14:05 WIB
Dalam momentum perayaan Hari Buku Nasional yang diperingati setiap tanggal 17 Mei, tepat rasanya jika kita pun ikut mendorong rasa cinta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya