Jumat 09 Februari 2018, 15:32 WIB

Dewan Pers : Indonesia Negara dengan Media Massa Paling Banyak

Antara | Humaniora
Dewan Pers : Indonesia Negara dengan Media Massa Paling Banyak

Ilustrasi

 

KETUA Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo mengklaim jumlah media massa di Indonesia adalah yang terbanyak di dunia, sekitar 47.000 terbagi media cetak, radio, televisi dan berbasis daring.

"Dari jumlah itu 2.000 adalah media cetak, 674 radio, 523 televisi termasuk lokal, dan lebihnya media daring," kata dia saat puncak HPN 2018 di Padang, hari ini.

Namun dari jumlah media itu, menurutnya masih banyak yang asal saja, tidak memenuhi syarat sebagai media tetapi tetap bisa eksis karena dibantu APBD.

Selain itu wartawannya juga tidak semua yang memiliki kompetensi karena tidak memiliki pengetahuan jurnalistik, tidak pula pernah mengikuti pelatihan jurnalistik.

Ia merinci hingga saat ini baru terdaftar sekitar 14 ribu orang wartawan yang memiliki kompetensi. Ia mengimbau kebebasan pers yang dinikmati saat ini jangan dijadikan kesempatan untuk membuat berita bohong atau hoaks.

Diantaranya dengan meningkatkan kemampuan wartawan dan verifikasi media massa. Dewan pers, menurutnya berkomitmen untuk melaksanakan hal tersebut secara bertahap.

Selain itu, ia juga mengingatkan dalam tahun politik, media massa tetap bisa menjaga objektivitas dan netralitas, tidak terjebak dalam kepentingan politik.

Menurutnya Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 merupakan batu ujian untuk netralitas media massa. Hari puncak HPN 2018 digelar di Muaro Lasak Pantai Padang dihadiri sejumlah gubernur, menteri, duta besar dan ribuan wartawan. (OL-7)

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Maulana Surya

Nadiem Targetkan 75 Ribu Guru Ikut Pelatihan PembaTIK

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 17 April 2021, 09:35 WIB
Mendkibud Nadiem Makarim menargetkan pada tahun 2021 sebanyak 75.000 guru bisa mengikuti bimbingan teknis Pembelajaran Berbasis...
Dok.MI

Anak Susah Makan Disebabkan Kebiasaan Makan Ibu Saat Hamil

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 17 April 2021, 08:30 WIB
Anak yang susah makan atau suka pilih-pilih makanan rupanya dipengaruhi oleh kebiasaan makan ibunya pada saat hamil dan...
DOK BAZNAS

BAZNAS Terima Zakat dari Nasional Re Sebesar Rp893 Juta

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 17 April 2021, 08:24 WIB
Sejak 2013, Nasional Re telah menyalurkan zakat perusahaan melalui...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya