Minggu 25 Februari 2018, 00:00 WIB

Musim Dingin nan Menantang di Kota Moskow

Panca Syurkani | Foto
Musim Dingin nan Menantang di Kota Moskow

MI/PANCA SYURKANI

 

HAMPARAN salju bak permadani alami yang menghias permukaan bumi. Warna putih mendominasi pandangan mata. Dahan dan ranting berbalut salju tampak cantik bak pemandangan di buku dongeng. Matahari pun malu-malu menampakkan diri karena tak mampu memberikan kehangatan.

Sebagai salah satu negara terdingin di dunia, suhu musim dingin di beberapa wilayah Rusia bisa mencapai di bawah minus 60 ­derajat celsius. Namun, di Kota Moskow, suhu minus belasan. Beda cerita kalau angin sedang berembus, suhu minus belasan akan terasa seperti minus dua puluhan.

Dinginnya cuaca bukan alasan bagi warga untuk tidak ber­aktivitas seperti biasa. Bagi mereka, tidak ada istilah ‘cuaca buruk,’ yang ada hanya salah berpakaian. Artinya, sedingin apa pun cuacanya, tidak akan menjadi masalah jika pakaian yang digunakan sesuai.

Menurut data Biro Meteorologi Moskow, hujan salju yang menerjang Ibu Kota ‘Negeri Beruang Merah’ awal bulan lalu ialah hujan salju terlebat dalam kurun waktu seratus tahun terakhir.

Wakil Wali Kota Moskow untuk Perumahan dan Pekerjaan umum Peter Biryukov pada situs resmi Wali Kota Moskow me­ngatakan area terbuka di Moskow berkisar 170 juta meter persegi dan ketinggian salju mencapai 45 sentimeter, setidaknya sekitar 80 juta meter kubik salju yang harus dikupas, bersihkan, dan dibuang.

Biryukov menambahkan, jika kondisi yang sama terjadi kota-kota besar lainya seperti New York dan Helsinki, diperkirakan akan melumpuhkan kehidupan di sana.

“Di sana, jika ketinggian salju mencapai 5 sentimeter saja, diberlakukan keadaan darurat. Lembaga ditutup, dan semua orang menunggu salju mencair,” ujarnya.

Hingga saat ini pemerintah kota masih berjibaku mem­bersihkan salju dengan menerjunkan 72 ribu pekerja dan 16,2 ribu unit ­peralatan peralatan khusus. Sekitar 1,2 juta kubik salju ­dibersihkan dari jalanan Moskow setiap hari. Hingga Kamis (22/2), jalanan ­sudah bersih, tetapi tumpukan salju masih ditemui di mana-mana. (M-4)

Baca Juga

MI/Agus Mulyawan

Dalam Keikhlasan dan Kekhusyukan

👤Agus Mulyawan 🕔Minggu 22 Juli 2018, 00:00 WIB
SEPERTI tangan-tangan yang menggapai di pintu Kabah, begitulah perasaan jiwa ketika akhirnya bisa menatap Baitullah di akhir Juni lalu....
 MI/PANCA SYURKANI

Rusia yang Bersatu

👤FOTO DAN TEKS: MI/PANCA SYURKANI 🕔Minggu 13 Mei 2018, 01:05 WIB
JUTAAN warga mengular sepanjang 6 kilometer, melangkah perlahan menuju Lapangan Merah,...
MI/Tiyok

Dari Kos-kosan Menuju Pesantren

👤MI/Tiyok 🕔Sabtu 05 Mei 2018, 00:05 WIB
TERPIDANA kasus korupsi kartu tanda penduduk elektronik (KTP-E), Setya Novanto alias Setnov, mulai Jumat (4/5) menjalani hukumannya di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya