Kamis 28 Januari 2021, 18:55 WIB

Menparekraf Yakin Indonesia Destinasi Wisata Pilihan Asia Tenggara

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Menparekraf Yakin Indonesia Destinasi Wisata Pilihan Asia Tenggara

Antara/Candra Yanuarsyah
Petugas menutup pagar masuk di Wisata Alam dan Budaya Candi Cangkuang, Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (15/1).

 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno optimistis dalam kurun waktu 10 tahun ke depan, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia dapat melonjak. Bahkan dia mencanangkan daerah wisata Indonesia dapat menjadi destinasi wisata pilihan di Asia Tenggara.

"Saya optimistis dalam 10 tahun ke depan kita dapat mencapai keunggulan destinasi domestik. Kita punya banyak peluang dan kami lihat ekosistem ini mesti dibangun. Kami mencanangkan destinasi wisata kita bisa menjadi destinasi pilihan Asia Tenggara," ungkapnya dalam acara Media Group News Summit Indonesia 2021 bertajuk Wonderful Indonesia: Reviving The Tourism Industry, Kamis (28/1).

Lebih lanjut, dalam kondisi pandemi, Sandi menilai bahwa wisatawan domestik mampu menjadi jawaban pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Pasalnya, dia mengatakan sebanyak 55 juta wisatawan domestik dari dalam negeri merupakan potensi yang luar biasa.

"Ada Rp150 triliun yang keluar dari Indonesia tiap tahun karena banyak wisatawan domestik asik liburan di luar negeri. Nah, kalau ini bisa kita manfaatkan, setidaknya kita mampu mendapat Rp50 triliun dari potensi wisatawan domestik ini," kata Sandi.

Menurut Sandi, semua hal tersebut tentu juga harus dibarengi dengan cara pemerintah untuk mengatasi pandemi covid-19 secara cepat. Bahkan, jika pandemi mampu diatasi secara cepat, menurutnya, lapangan pekerjaan di sektor pariwisata akan terbuka lebar.

"Kita harus membantu dalam tiga sampai enam bulan ke depan untuk menekan covid-19. Dengan mampu menekan covid-19, kita yakin nanti ada kenaikan lapangan kerja sekitar 3%-4% di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif 2%-3%," ujarnya.

"Pandemi ini seperti badai yang harus kita hadapi. Setelah badai, saya yakin akan ada pelangi indah menanti di depan sana," pungkas Sandi. (OL-14)

 

Baca Juga

Antara/Reno Esnir

Peringkat “idAAA” untuk Obligasi Indosat dan Mandiri

👤Fetry Wuryasti 🕔Senin 21 Juni 2021, 08:15 WIB
ISAT akan melunasi obligasi tersebut menggunakan fasilitas kredit yang belum digunakan senilai Rp4,5 triliun pada akhir Maret...
Antara/Asprilla Dwi Adha

PPI Tambah Keberadaan Kantor Perwakilan di Luar Negeri

👤Fetry Wuryasti 🕔Senin 21 Juni 2021, 07:45 WIB
Selain tingkat Internasional, PPI kini juga memperkuat perdagangan di tingkat pedesaan seperti pengembangan Toko Grosir...
Dok.BRI Agro

Pacu Penyaluran Pinjaman Digital, BRI Agro Gandeng KoinWorks

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 21 Juni 2021, 06:45 WIB
Hingga Mei 2021 BRI Agro telah menyalurkan sebesar Rp 348miliar melalui platform...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jangan Gagap Lindungi Nasabah di Era Digital

ERA pandemi covid-19 berdampak pada berpindahnya aktivitas masyarakat di area digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya