Kamis 28 Januari 2021, 14:30 WIB

MGN Summit: SKK Migas Janji tidak Terjadi Penurunan Produksi 2021

M Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
MGN Summit: SKK Migas Janji tidak Terjadi Penurunan Produksi 2021

Antara/Dedhez Anggara
Kapal berlabuh di sekitar stasiun terapung suplai minyak dan gas lepas pantai di perairan Balongan, Indramayu, Jabar, beberapa waktu lalu.

 

SATUAN Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) berkomitmen pada 2021 tidak akan ada penurunan produksi yang sempat terjadi pada tahun lalu akibat pandemi covid-19. Soalnya, potensi produksi migas di Indonesia masih cukup besar dengan 128 cekungan sedimen sehingga masih sangat menjanjikan.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto menegaskan hal itu dalam Media Group News Summit Indonesia 2021 bertajuk Economic Recovery: Green and Clean, Kamis (28/1). Selain itu SKK Migas telah mencanangkan 1 juta barrels oil per day (BOPD) di 2030.

"Kami juga sedang merumuskan long term planning dalam upaya memenuhi energi nasional dengan 4 strategi. Di 2021 kami jadikan upaya decline production (tidak terjadi penurunan produksi)," kata Dwi. Empat strategi yang dimaksud yaitu mengoptimalkan produksi lapangan eksisting, transformasi sumber daya kontijen ke produksi, mempercepat chemical EOR, dan eksplorasi untuk penemuan besar.

Dirinya memaparkan terdapat beberapa tantangan yang dihadapi untuk 2021 yakni masih rumitnya perizinan, peraturan tumpang tindih, ketidaktersediaan data, rezim fiskal, hambatan di daerah operasi, kendala akusisi lahan, proses monetisasi migas yang semakin lama, dan ketakutan mengambil keputusan.

"Namun pemerintah sudah menyiapkan baik permasalahan perizinan, fiskal, hambatan daerah, ketersediaan data, dan kendala termasuk kepastian hukum yang menjadi kebutuhan ke depan," ujar Dwi.

Selain itu, terdapat beberapa capaian strategi utama untuk menuju 1 juta BOPD. Pertama, SKK Migas telah memiliki tambahan produksi melalui program FTG 18.300 BOPD dan 17 MMSCFD rata-rata produksi tahunan.

Kedua, produksi on stream POD lapangan PB wilayah kerja (WK) Mahato dan lapangan KBD WK Sakakemang. Ada pengeboran empat sumur deliniasi di Natuna dalam upaya percepatan pengembangan undeveloped discovery.

Ketiga, enchance oil recovery juga dilakukan monitor, proses evaluasi Pre-POD CEOR WK Rokan on stream 2024 serta field trial polymer EOR Lapangan Tanjung Pertamina EP. Keempat, akusisi data seismic 2D 32.200 Km open area dalam 1 tahun ke depan. Success ratio sumur eksplorasi 2020 sebesar 55%.

"Ada digitalisasi Subsurface Data Management System (SDMS) yang sudah tersedia data di 207 wilayah kerja, Elektronik Sumber Daya & Cadangan (e-SDC), Sistem Evaluasi Sumber Daya dan Cadangan, serta adaptasi teknologi," jelasnya.

Selain itu, lanjut Dwi, terdapat fleksibilitas bagi hasil guna menjaga ekonomi lapangan serta pemanfaatan barang milik negara eks terminasi untuk meningkatkan PNBP melalui lifting migas, signature bonus, dan peningkatan nilai tambah manfaat sosioekonomi.

"Ke depan diharapkan ada peningkatan pemulihan setelah hasil vaksin covid-19 nanti, Massive Development Plan (MDP) Mahakam, Sangasanga, dan insentif yang fleksibel dan kompetitif untuk membuka potensi," ungkapnya.

"Proyeksi pengeboran minyak di 2021 akan meningkat. Pada 2020 terdapat 240 pengeboran dilakukan dan pada 2021 diprediksi mencapai 616 sumur. Ini menjadikan in the right track," pungkasnya. (OL-14)

 

Baca Juga

MI/Sumaryanto Bronto

Industri Halal Berpeluang Picu Pemulihan Ekonomi Nasional

👤Ghani NUrcahyadi 🕔Jumat 25 Juni 2021, 00:36 WIB
Deputi Direktur Departemen Ekonomi & Keuangan Syariah Bank Indonesia Diana Yumanita mengemukakan, saat ini posisi Indonesia sudah masuk...
Antara

Pembangunan Pelabuhan Anggrek di Gorontalo Dimulai Tahun Ini

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 24 Juni 2021, 23:17 WIB
Pembangunan Pelabuhan Anggrek akan dilakukan dua tahap dengan nilai investasi sekitar Rp1,4...
Dok Modernland

Kota Modern Pacu Properti Komersial

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 24 Juni 2021, 22:50 WIB
Tren permintaan dan kebutuhan properti komersial berupa ruko di kawasan itu masih sangat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Talenta Muda Curi Perhatian

PIALA Eropa 2020 dipastikan telah menjadi ajang kemunculan pemain-pemain muda yang punya kemampuan mengejutkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya