Rabu 27 Januari 2021, 12:30 WIB

Mendag Yakin RI Mampu Manfaatkan Perang Dagang Global dengan Baik

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Mendag Yakin RI Mampu Manfaatkan Perang Dagang Global dengan Baik

Dok Biro Setpres
Mendag Muhammad Lutfi

 

MENTERI Perdagangan Muhammad Lutfi menuturkan Indonesia mampu memanfaatkan perang dagang global dengan baik. Dia mencontohkan seperti hubungan perdagangan antara Tiongkok dan Australia yang tengah memanas.

Lutfi mengatakan Tiongkok enggan membeli batu bara dari Australia. Hal itu dimanfaatkan Indonesia untuk menarik peluang dagang tersebut.

"Tiongkok tidak mau membeli batu bara dari Australia. Dia mau beli batu bara Indonesia. Jadi saya lagi jaga benar agar selama perang dagang itu, tidak mengganggu ekspor batu bara kita," ungkap Lutfi dalam acara Media Group News Summit 'How To Accelerate Economic Growth' secara virtual, Rabu (27/1).

Dia meyakini imbas keregangan hubungan dagang kedua negara itu juga dapat dimanfaatkan oleh Indonesia dalam menarik investasi.

"Saya bisa prediksi industri furnitur kita akan naik karena terjadi hal itu. Kita ini bagian dari supply chain, ketika terjadi perang dagang, ternyata indonesia bisa memanfaatkan hal itu," jelas Lutfi.

Baca juga: Terpilihnya Biden bakal Redakan Tensi Perang Dagang

Dia juga menyinggung soal pertempuran RI melawan Uni Eropa terkait masalah nikel dan juga diskriminasi sawit melalui aturan Renewable Energy Directive II (RED II).

"Saya bilang bukan masalah nikelnya enggak ada. Mereka (Uni Eropa) cuma beli nikel kita 2%. Mereka seperti ketakutan karena kita ini bukan lagi terus mengekspor barang mentah, kita berubah jadi barang industri. Kita ladenin mereka, tidak boleh sakit hati," pungkas Lutfi.

Pemerintah berencana menggugat Uni Eropa ke Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/WTO), terkait RED II yang dinilai mendiskriminasi kelapa sawit.(OL-5)

Baca Juga

Antara

Menteri ESDM Minta PT Vale Tingkatkan Produksi Nikel

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 22:33 WIB
PT Vale Indonesia memiliki satu fasilitas pengolahan dan pemurnian nikel di Sorowako dengan kapasitas 70.000 ton nikel...
Dok PLN

PLN Kebut Penataan Infrastruktur Kelistrikan G20 di Bali

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 21:55 WIB
Saat ini progres tersebut mencapai 88,6 untuk pengamanan kelistrikan...
MI/Bayu Anggoro

Sinergi KUB Untuk Pengembangan Bisnis BPD

👤Bayu Anggoro 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 20:54 WIB
POJK  mendorong penguatan permodalan BPD sehingga BPD dapat meningkatkan perannya sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya