Sabtu 05 November 2022, 05:00 WIB

Siaran Digital Angkat Peradaban

Administrator | Editorial
Siaran Digital Angkat Peradaban

MI/Duta
Ilustrasi MI.

PEMERINTAH per Rabu, 2 November 2022, telah mencabut izin siaran radio (ISR) untuk siaran televisi analog di wilayah Jabodetabek. Hal itu bagian dari kebijakan nasional migrasi siaran televisi secara bertahap dari analog ke digital.

Stasiun-stasiun televisi wajib mematikan siaran di jalur analog dimulai dari Jabodetabek dan nantinya akan mencakup seluruh wilayah Indonesia. Kebijakan analog switch off (ASO) itu merupakan amanat Undang-Undang Cipta Kerja yang selanjutnya diatur melalui Peraturan Pemerintah (PP) No 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran.

Migrasi dari analog ke digital merupakan keputusan International Telecommunication Union (ITU) dan banyak negara sudah menerapkannya sejak belasan tahun lalu. Indonesia termasuk tertinggal.

Pantas bila kemudian Menko Polhukam Mahfud MD mengungkapkan kekesalan ketika ada sejumlah stasiun televisi sempat masih membandel tetap bersiaran di jalur analog. Ia menandaskan di kawasan Asia Tenggara tinggal Indonesia dan Timor Leste yang masih memakai siaran analog.

Ketertinggalan itu menghambat perkembangan industri penyiaran dan telekomunikasi. Masyarakat juga tidak dapat menikmati lebih banyak produk siaran dengan kualitas tinggi.

Penggunaan jalur digital memberikan banyak keuntungan. Dalam jangka pendek, keuntungan dirasakan oleh penikmat siaran televisi. Mereka mendapatkan siaran dengan kualitas yang lebih jernih dari sisi visual maupun suara.

Dalam jangka panjang, masyarakat dan perekonomian nasional mendapatkan keuntungan dari bergairahnya industri penyiaran. Migrasi ke digital membebaskan banyak ruang dalam spektrum frekuensi hingga memberikan kesempatan masuknya lebih banyak kanal siaran baru.

Bukan hanya siaran televisi, spektrum frekuensi yang terbebaskan juga akan digunakan untuk teknologi informasi lainnya, termasuk internet 5G. Stasiun televisi yang ngotot bertahan di jalur analog bukan hanya melanggar hukum, tetapi juga bersifat egois menguasai ruang spektrum frekuensi yang kian terbatas.

Begitu besar potensi perkembangan industri penyiaran pascamigrasi. Maka, tidak keliru jika Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate optimistis kebijakan ASO bakal menciptakan ratusan ribu lapangan kerja baru.

Semakin beragamnya siaran, ditambah penguatan dan pemerataan teknologi internet, akan memberikan akses pengetahuan dan informasi yang jauh lebih luas kepada masyarakat. Peradaban bangsa bakal berkembang pesat.

Memang, proses ASO tidak murah. Ada beban biaya di muka yang harus ditanggung masyarakat maupun industri penyiaran.

Masyarakat yang hanya memiliki televisi analog terpaksa membeli perangkat set top box atau STB. Ini pula yang menjadi alasan salah satu bos stasiun televisi yang enggan beranjak dari jalur analog.

Di sini kehadiran pemerintah diperlukan untuk membantu masyarakat berpendapatan rendah mendapatkan STB secara cuma-cuma. Jangan sampai kebijakan migrasi justru mematikan hak mereka mendapatkan layanan siaran televisi nonberbayar.

Stasiun televisi juga bisa bergerak membantu menyediakan STB dengan harga lebih murah bagi pemirsa setia mereka. Dari sisi regulasi pendukung, pemerintah perlu segera mengeluarkan kebijakan menyetop produksi perangkat televisi yang hanya bisa menerima siaran analog.

Migrasi siaran analog ke digital harus terus berlanjut sampai seluruh wilayah Indonesia mendapatkannya. Tidak ada alasan untuk menunda gerak maju peradaban bangsa ini.

Baca Juga

MI/Duta

Pantang Menyerah Melawan Terorisme

👤Administrator 🕔Kamis 08 Desember 2022, 05:00 WIB
AKSI terorisme kembali terjadi. Kemarin, seorang pelaku bom bunuh diri meledakkan dirinya di Polsek Astanaanyar, Kecamatan Astanaanyar,...
MI/Seno

Menyongsong Paradigma Pemidanaan Modern

👤Administrator 🕔Rabu 07 Desember 2022, 05:00 WIB
RANCANGAN Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) akhirnya disetujui Dewan Perwakilan Rakyat untuk menjadi...
MI/Seno

Menutup Celah Koruptor Berulang

👤Administrator 🕔Selasa 06 Desember 2022, 05:00 WIB
DALAM perang melawan korupsi, memberi efek jera ialah hal...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya