Video

Berhenti Merokok dengan Hipnoterapi

RAGU, apa iya bisa, masa sih... adalah sebagian pertanyaan yang membelenggu pikiran saat mulai mendatangi dan memasuki salah satu ruangan yang ada di dalam Klinik dan Apotik Jaya yang berlokasi di komplek Harapan Indah, Bekasi, Jawa Barat.

Ketenangan mulai merasuki hati saat hipnoterapis Jimmy K. Santosa mengajak ngobrol dengan santai mengenai masalah yang dialami, sembari minum air teh dingin dalam kemasan botol. Ehm... sejuk.

Sofa tebal dan empuk kemudian menjadi sandaran saat Jimmy memulai metode terapi. Perlahan namun pasti, sang hipnoterapis mulai mengajukan banyak pertanyaan dari awal mula merokok, apa yang dirasakan saat merokok dan juga apa yang dirasakan saat selesai merokok. Hampir semua jawaban yang diberikan selalu diakhiri dengan kata TERAPI !

Tak seperti yang sering disaksikan di televisi misalnya, selama proses hipnosis berlangsung semua dilakukan dengan mata terbuka, seperti layaknya orang melakukan wawancara. Dalam kondisi yang sangat sadar. Sehingga proses tanya jawab berlangsung seperti apa adanya, mengalir begitu saja.

Menurut Jimmy, terapi dengan mata terbuka (dialog) dengan mata tertutup (relaksasi) memiliki efektivitas yang sama. Perbedaan terletak pada waktu proses terapi saja.

''Metode relaksasi memerlukan waktu yang lebih panjang daripada metode dengan mata terbuka. Proses relaksasinya saja bisa menghabiskan waktu 10-15 menit,'' jelasnya.

Waktu yang dibutuhkan untuk suatu proses terapi sangat tergantung dari pencapaian informasi yang dibutuhkan dari seorang pasien. Maksimal bisa mencapai 2 jam, supaya sugesti positif yang diberikan bisa tepat sasaran. Permasalahan yang paling sering ditemui adalah masalah kecemasan atau ketakutan yang berlebihan atas diri seseorang.

''Cemas akan penyakit, cemas akan kematian dan kecemasan-kecemasan lainnya adalah permasalahan yang sering disampaikan oleh pasien. Rata-rata dengan dua hingga tiga kali terapi permasalahan bisa diselesaikan,'' tambahnya Jimmy.

Hipnoterapi merupakan metode memasuki alam bawah sadar seseorang untuk kemudian diberikan sugesti-sugesti positif agar bisa membuang perasaan-perasaan negatif yang tertanam dalam diri seseorang. Sejak 2009, Hipnoterapis Jimmy telah membantu memecahkan masalah banyak orang dengan hipnosis, mulai dari karyawan biasa hingga pengusaha. (Muhammad Zen)

Saksikan videonya: