Video

Ketua Kelompok Saracen Buka Mulut Terkait Nama Eggi Sudjana

PIMPINAN sindikat penyebar ujaran kebencian Saracen, Jasriadi (JAS) menjelaskan kelompoknya sempat berencana melegalkan struktur organisasi yang telah dibuatnya bersama Rizal Kobar.

Dalam struktur organisas Saracen terdapat nama Purnawirawan Ampi Tanudjiwa dan pengacara Eggi Sudjana yang didaulat jadi Dewan Penasihat Saracen.

JAS menjelaskan bahwa nama keduanya diusulkan oleh Rizal Kobar saat acara kopi darat para aktivis-aktivis dunia siber. Rizal Kobar sendiri adalah terpidana kasus ujaran kebencian. Ia ditangkap polisi hanya beberapa jam sebelum aksi 212, tahun lalu.

Namun, sepengakuan JAS, struktur tersebut tidak jadi dilegalkan lantaran tidak ada pembicaraan lebih lanjut mengenai hal tersebut.

"Sempat ada wacana membentuk struktur organisasi, tapi belum sampai legal," kata Jasriadi kepada Media Indonesia.

Polisi masih mengklarifikasi kebenaran dari daftar nama tersebut. Pihak-pihak terkait akan diundang untuk diklarifikasi, juga dipersilahkan datang ke Badan Reserse Kriminal Polri untuk menyampaikan klarifikasinya.

"(Nama-nama itu) masih perlu kami kaji dan pelajari, apakah benar atau hanya karangan saja," kata Susatyo kepada Media Indonesia.

Menanggapi nama-nama yang beredar itu, Jasriadi menyebut Saracen hingga saat ini belum memiliki struktur organisasi. (Uta/Nic)