Video

Jawara Muda Beraksi di Lebaran Betawi

Keterampilan para pesilat belia memukau ribuan pengunjung yang memenuhi arena panggung utama Perkampungan Kebudayaan Betawi Setu Babakan, Jakarta Selatan, Sabtu (29/7). Terlebih ketika mereka mempertontokan ketangkasannya memainkan salah senjata khas betawi yakni golok.

Para calon jawara muda itu merupakan utusan perguruan-perguran silat betawi se-Jabodetabek, yang sengaja dipertemukan Badan Musyawarah Masyarakat Betawi (Bamus Betawi) dalam hajatan Lebaran Betawi 2017.

"Bamus Betawi memang ingin mengangkat budaya silat betawi. Saat ini ada sekitar 150 aliran silat betawi di jabodetabek," jelas Muhammad Rifky, yang kerap disapa Eki Pitung, Sekretaris Panitia Lebaran Betawi 2017.

Eki menambahkan, diantara ratusan aliran silat betawi itu ada sejumlah aliran yang sudah cukup dikenal, diantaraya aliran silat Beksi, Cingkrik, Troktok dan Sliwa, yang ikut unjuk aksi dalam hajatan akbar warga Jakarta itu.

Dalam kehidupan warga Betawi, silat sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan. "Kalo kite kaga bisa silat, malu sama arwahnye bang Pitung," tegas Eki.