Video Hoax Meletusnya Gunung Soputan, Jangan Disebarkan !

Penulis: Media Indonesia Pada: Rabu, 03 Okt 2018, 14:04 WIB VIDEO

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menegaskan beredar sejumlah video Hoax terkait meletusnya Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, meletus pada, Rabu (3/10), pukul 08.47 Wita.

Sutopo menghimbau agar netizen tidak menyebarkan video ataupun foto hoax tersebut, ditengah duka mendalam karena gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Sutopo juga mengunggah foto-foto asli meletusnya Gunung Soputan.

Dilaporkan tinggi kolom abu vulkanik teramati sekitar 4.000 meter di atas puncak kawah.

"Kolom abu dengan tekanan kuat teramati berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas tebal condong ke arah barat dan barat laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 39 mm dan durasi sekitar 6 menit," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, melalui keterangan pers, Rabu (3/10).

Hujan abu vulkanik diperkirakan jatuh di daerah sisi barat dan barat laut gunung. Abu disebut tidak mengganggu penerbangan. Bandara Internasional Sam Ratulangi di Kota Manado tetap beroperasi normal karena posisi bandara berada di Tenggara dari Gunung Soputan.

BPBD pun masih melakukan pemantauan. Belum ada laporan dampak letusan Gunung Soputan.

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More