Sensasi Menaiki Bus Tanpa Sopir

Penulis: Media Indonesia Pada: Kamis, 23 Agu 2018, 05:42 WIB VIDEO

AWALNYA terasa deg-degan juga, apa iya ada mobil minibus tanpa sopir bisa membawa penumpang lebih dari 10 orang di jalan raya?

Perlahan tapi pasti, mobil mulai menapaki jalanan di sekitar kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, tepatnya di seberang venue tenis.

Ehm... seru juga! Tarikan maupun saat mengerem cenderung lebih smooth dari mobil pada umumnya. Saat melakukan belokan pun sama saja, smooth. Gak bisa disamakan dengan kendaraan transportasi umum roda empat yang biasa digunakan di jalanan ibukota, yang terkadang membuat kita kaget, maju mundur karena ulah ugal-ugalan pengemudi.

Lucunya lagi, mobil otonom Navya yang dibuat oleh pabrikan dari Prancis ini tidak hanya memiliki bentuk rupa yang sama antara sisi depan dan belakangnya, namun juga memiliki fungsi yang sama, mau maju ataupun mundur bisa dari kedua sisi tersebut.

Kemampuan mobil tanpa sopir ini dimungkinkan dengan teknologi Artificial Intelligent (AI) dan 5G live streaming yang memiliki high throughput hingga 20 Gbps serta low latency (1 millisecond).

Kemudian ada kamera 360 derajat yang bisa memantau situasi di dalam kabin mobil ini. Untuk dimensi mobil, Navya memiliki panjang 4.750 mm, lebar 2.110 mm, dan tinggi 2.650 mm., serta bobot bobot kosong 2.400 kilogram.

Mobil otonom ini memiliki battery dengan kapasitas 33 Kwh yang mampu bertahan hingga 9 jam, dan bisa re-charge kembali selama 7-8 jam.

Seru juga ikut berkeliling dengan bus tanpa sopir ini, apalagi jika jalanan yang akan dilewati tidak banyak rintangan, terutama macet.

Nah, untuk beroperasi di jalanan kota-kota besar seperti Jakarta, tentu jadi masalah tersendiri. Apalagi mobil otonom yang memiliki kecepatan maksimal 25km/jam ini belum memiliki kemampuan salip-menyalip kendaraan lain seperti yang biasa dilakukan sopir-sopir angkutan umum saat mengejar setoran. (Zen)

Berita Terkini

Read More

Poling

BEBERAPA waktu lalu, nama Bung Hatta kembali ramai dibicarakan publik. Berawal dari pernyataan Koordinator Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar, di sebuah video yang mengatakan kalau cawapresnya, Sandiaga Uno adalah sosok baru dari Bung Hatta. Hal itu langsung menuai keberatan dari cucu Bung Hatta, Gustika Jusuf Hatta. Sebelumnya, kubu Prabowo-Sandiaga juga sempat menyandingkan nama pahlawan seperti Cut Nyak Dien dan Kartini dengan Ratna Sarumpaet dan Neno Warisman. Setujukah Anda apabila pahlawan dijadikan komoditas politik guna meraih simpati masyarakat?





Berita Populer

Read More