Agama di Atas Rasionalitas (2)

Penulis: Media Indonesia Pada: Minggu, 22 Jul 2018, 13:00 WIB VIDEO

BARU saja diluncurkan, buku karya Saiful Mujani seperti membuka tabir akan perilaku pemilih Tanah Air, termasuk soal faktor agama. Buku berjudul "Voting Behavior in Indonesia Since Democratization" yang ia susun bersama R William Liddle dan Kuskridho Ambardi itu memang membutuhkan waktu hingga 2 dekade untuk tuntas.

Salah satu yang jadi perbincangan dari buku itu ialah keberadaan para pemilih rasional. Namun, sebesar apakah dampak mereka pada pemilu dan hal-hal apa saja yang memengaruhinya? Berikut penuturan Saiful kepada Media Indonesia, Kamis (19/7), di Jakarta, mengenai hal tersebut dan berbagai dinamika dalam perilaku pemilih.

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More