Bijak Bermain Balon Udara demi Keselamatan Orang Lain

Penulis: Media Indonesia Pada: Sabtu, 23 Jun 2018, 21:33 WIB VIDEO

RIBUAN warga antusias menyaksikan ratusan balon udara warna-warni menghiasi langit Kota Wonosobo sebagai ungkapan kegembiraan masyarakat menyambut Syawal tahun ini.

Melepaskan balon udara merupakan salah satu acara tradisional yang biasa diselenggarakan masyarakat selama bertahun-tahun.

Namun, terkadang balon-balon udara diterbangkan warga begitu saja ke udara. Hal itu tentu tidak baik karena akan mengganggu lalu lintas dan keselamatan penerbangan yang melintasi wilayah udara Kota Wonosobo.

Tentu itu sangat berbahaya karena jika mengenai pesawat, balon tersebut dapat mengakibatkan terganggunya fungsi primary flight control surfaces, yakni aileron, elevator, dan rudder, sehingga mengganggu fungsi aerodinamika dan kemudi pesawat.

Dalam rangka meningkatkan keselamatan pelayanaan penerbangan, bulan Juni 2018 ini, Perum Airnav Indonesia menginisiasi festival balon udara bertajuk 'Java Balloon Festival 2018' di beberapa kota di Pulau Jawa, seperti Wonosobo, Pekalongan, dan Ponorogo. (Zen)

Berita Terkini

Read More

Poling

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta sekolah untuk melakukan pengecekan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Hal itu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan SKTM agar diterima di sekolah negeri. Pasalnya, dalam Permendikbud 14/2018 tentang PPDB disebutkan kuota minimal untuk siswa tidak mampu sebanyak 20%. Apakah Anda setuju pihak sekolah harus melakukan pengecekan dan tidak langsung menerima begitu saja SKTM tanpa verifikasi ke lapangan?





Berita Populer

Read More