Sistem Kasir Modern untuk UMKM

Penulis: Media Indonesia Pada: Kamis, 29 Mar 2018, 00:18 WIB VIDEO

PENGUSAHA usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tentunya menemui berbagai masalah dalam membangun usaha, dari pembukuan hingga pendataan pergudangan. Apalagi, UMKM memiliki keterbatasan modal dan jumlah karyawan. Namun, di era teknologi ini masalah seperti itu bisa ditangani.

Sebuah start-up (perusahaan rintisan) melihat masalah itu sebagai peluang usaha. Perusahaan rintisan bernama Moka POS didirikan Haryanto Tanjo dan Grady Laksmono untuk mengembangkan dan memberikan layanan sistem kasir atau point of sales (POS).

"Moka POS itu aplikasi point of sales (POS) mungkin bahasa awamnya sistem kasir yang berbasis cloud untuk berbagai jenis usaha seperti restoran, cafe, toko baju, barber shop, salon, dan lain-lain," jelas CEO dan Cofounder Moka POS, Haryanto Tanjo, saat diwawancarai Media Indonesia di kantornya, Selasa (20/3).

Upaya membantu UMKM itu bukan tanpa alasan. UMKM memberikan kontribusi 0% bagi gross domestic product (GDP) Indonesia. (Rizky Noor Alam)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More