Sistem Kasir Modern untuk UMKM

Penulis: Media Indonesia Pada: Kamis, 29 Mar 2018, 00:18 WIB VIDEO

PENGUSAHA usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tentunya menemui berbagai masalah dalam membangun usaha, dari pembukuan hingga pendataan pergudangan. Apalagi, UMKM memiliki keterbatasan modal dan jumlah karyawan. Namun, di era teknologi ini masalah seperti itu bisa ditangani.

Sebuah start-up (perusahaan rintisan) melihat masalah itu sebagai peluang usaha. Perusahaan rintisan bernama Moka POS didirikan Haryanto Tanjo dan Grady Laksmono untuk mengembangkan dan memberikan layanan sistem kasir atau point of sales (POS).

"Moka POS itu aplikasi point of sales (POS) mungkin bahasa awamnya sistem kasir yang berbasis cloud untuk berbagai jenis usaha seperti restoran, cafe, toko baju, barber shop, salon, dan lain-lain," jelas CEO dan Cofounder Moka POS, Haryanto Tanjo, saat diwawancarai Media Indonesia di kantornya, Selasa (20/3).

Upaya membantu UMKM itu bukan tanpa alasan. UMKM memberikan kontribusi 0% bagi gross domestic product (GDP) Indonesia. (Rizky Noor Alam)

Berita Terkini

Read More

Poling

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta sekolah untuk melakukan pengecekan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Hal itu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan SKTM agar diterima di sekolah negeri. Pasalnya, dalam Permendikbud 14/2018 tentang PPDB disebutkan kuota minimal untuk siswa tidak mampu sebanyak 20%. Apakah Anda setuju pihak sekolah harus melakukan pengecekan dan tidak langsung menerima begitu saja SKTM tanpa verifikasi ke lapangan?





Berita Populer

Read More