10 Bali Baru Dikawal Kampus Pariwisata

Penulis: (Zat/M-2) Pada: Sabtu, 18 Mar 2017, 23:29 WIB Travelista
10 Bali Baru Dikawal Kampus Pariwisata

DOK KEMENTERIAN PARIWISATA

MARI jalan-jalan ke-10 destinasi Bali baru, Danau Toba, Belitung, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Candi Borobudur, Gunung Bromo, Mandalika Lombok, Pulau Komodo, Taman Nasional Wakatobi, dan Morotai. Sebagian destinasi itu memang tujuan wisata yang terbilang segar, tapi beberapa tengah dalam proses pemulihan, namun, ikhtiar buat membuatnya makin atraktif dilakukan secara intens oleh Kementerian Pariwisata.

Pembenahan tak cuma menyentuh destinasi dan fasilitas, tapi juga menyentuh kampus pariwisata, pemasok tenaga terampil yang mengawal industri wisata di 10 destinasi primadona itu. Karena itu, Senin (13/3), Menpar Arief Yahya membuka Rapat Koordinasi Nasional Perguruan Tinggi Pariwisata yang diselenggarakan Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan bekerja sama dengan Himpunan Lembaga Pendidikan Tinggi Pariwisata (Hildiktipari) di Bandung. Arief meminta kampus berfokus pada tiga aspek yang jadi pengungkit industri pelesiran di Indonesia yaitu digital tourism, homestay desa wisata, serta konektivitas. Pesertanya, 119 perwakilan perguruan tinggi, 15 Kepala Dinas Pariwisata, serta asosiasi dalam industri pariwisata.

Standar ASEAN
Istimewanya, kampus pariwisata juga akan menyertifikasi lulusan mereka dengan standardisasi ASEAN. “Indonesia punya semua, kultur, alam, dan jika kemudian didukung SDM bermutu, yang skill-nya bertaraf global, kita bisa sukses meraih target 15 juta kunjungan wisman,” ujar Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan, HM Ahman Sya. Arief Yahya menjelaskan standardisasi itu mencakup sedikitnya 32 jenis pekerjaan terkait wisata, mulai koki, bartender, manajer perjalanan, hingga pemandu wisata memancing. Jadi, liburan ke depan, jelajah Nusantara jalan terus, ya! (Zat/M-2)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Perlukah pelaku penyebaran hoaks diberi hukuman berat?





Berita Populer

Read More