How to: Jadi Volunter, Yuk!

Penulis: Ni Putu Trisnanda Pada: Minggu, 12 Mar 2017, 04:17 WIB MI Muda
How to: Jadi Volunter, Yuk!

FOTO-FOTO: DOK SMP TERBUKA GADING REGENCY

Ada banyak komunitas dan kegiatan sukarela yang membuat kita harus berhadapan dengan anak-anak yang mencari uang di jalanan, mereka yang hidup di permukiman sangat padat, pun yang tengah menjalani sanksi penjara karena melanggar hukum. Ini kiat pendiri Matahari kecil, Yasser Muhammad Syaiful, agar interaksi itu bisa berjalan nyaman buat para volunter serta anak-anak dan sebaya yang ingin kita bantu. “Menurut saya, karena mereka spesial, pendekatannya pun harus spesial,” kata Yasser.

1. Empati ialah sikap ideal saat bertemu anak-anak yang bekerja di jalan. Cobalah memosisikan diri jadi mereka. Mereka juga ingin di hargai, ingin diajak berbaur.

2. Friendly, jadilah sosok yang bersahabat, jangan se­sekali membedakan posisi kita dengan mereka. Jangan terlihat kita sebagai sang jagoan, sang pemberi atau sang dermawan. Jadilah teman yang baik karena faktanya mereka lebih suka diajak berteman tanpa memandang posisi.

3. Adaptable, jadilah fleksibel dan pandai beradaptasi, jangan terlihat kaget ketika berhadapan pun canggung berhadapan dengan mereka. Jadilah bagian dari mereka, tak mengapa melakukan kamuflase agar suasana tetap nyaman dan kita bisa membaur.

4. Jangan kaget ketika mendengar cerita tentang latar belakang mereka yang begitu keras. Jadilah bagian jadi mereka. Seiring dengan berjalannya waktu, Anda pasti nyaman dan membaur. (Ni Putu Trisnanda/M-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut sebanyak tujuh kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) terpapar radikalisme. Apakah Anda setuju mahasiswa dan dosen yang sudah terpapar paham radikalisme itu dipecat?





Berita Populer

Read More