Irwan Prayitno Buku 8.000 Pantun Spontan

Penulis: Administrator Pada: Senin, 30 Jan 2017, 00:30 WIB Hiburan
Irwan Prayitno Buku 8.000 Pantun Spontan

MI/PANCA SYURKANI

GUBERNUR Sumatra Barat Irwan Prayitno, 53, akan meluncurkan sejumlah buku yang berisi 8.000 pantun yang dibuatnya secara spontan dalam berbagai acara selama satu tahun periode kedua pemerintahannya.

"Kemungkinan ada empat buku masing-masing berisi 2.000 pantun. Tiap pantun punya latar belakang dan konteks yang berbeda-beda," katanya di Padang, kemarin.

Menurutnya, konteks pantun yang termuat dalam buku berjudul Irwan Prayitno, Spontan Pantun tersebut disesuaikan dengan acara yang dihadiri.

Karena itu, dari 8.000 pantun itu, tidak ada satu pun yang sama. "Makin lama saya dipanggil pembawa acara, makin banyak pantun yang saya buat untuk dibacakan," katanya.

Minimal, menurut dia, pantun yang dibacakan dalam satu acara itu berjumlah 10.

Bahkan, sering kali mencapai 20, bahkan lebih.

Agar tidak monoton, menurut Irwan, sambutan yang diberikannya tidak melulu berisi pantun, tetapi juga pidato sambutan seperti biasa.

"Pantun saya gunakan untuk menyimpulkan apa yang saya sampaikan. Jadi, setelah saya pidato beberapa waktu, isi pidato itu saya simpulkan dalam bentuk pantun," ujar dia. Ia berharap karya tersebut akan bisa mematik kreativitas terutama generasi muda untuk menghasilkan gaya penulisan kreatif lainnya. (Ant/H-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More