LIPI Kembangkan Kursi Roda Elektrik

Penulis: (CNN/Antara/Puslitbangnak/Grt/Zic/L-2) Pada: Sabtu, 07 Nov 2015, 00:00 WIB Ekonomi
LIPI Kembangkan Kursi Roda Elektrik

Antara

KURSI roda yang dikembangkan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini ialah kursi roda elektrik yang bisa bergerak sesuai dengan perintah yang ada dalam pikiran kita. "Kursi roda elektrik membantu penyandang disabilitas yang tak bisa menggerakkan anggota badan. Pengguna bisa menggerakkan serta mengendalikan kursi roda hanya dengan memikirkan perintah," kata Kepala UPT Balai Pengembangan Instrumentasi Demi Soetraprawata pada acara Internasional Conference on Automation, Cognitive Science, Optics, Micro Electro, Mechanical System and Information Technology (ICACOMIT) di Bandung, Kamis (29/10).

Teknologi yang digunakan merupakan penyempurnaan pengembangan alat yang membuat otak mampu mengendalikan gerakan kursi roda elektrik lewat penerjemahan sinyal-sinyal listrik dari otak. "Namun, kursi roda ini belum bisa digunakan masyarakat karena masih dalam tahap pengujian. Kami bekerja sama dengan dokter untuk mengetahui seperti apa yang dibutuhkan pasien," kata peneliti LIPI Arjon Turnip. LIPI bekerja sama dengan berbagai lembaga penelitian, perguruan tinggi negeri serta swasta untuk dapat mempercepat dan meningkatkan pembangunan penelitian.

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More